Bulgaria Takut Dapat Pesawat F-16 Viper Buatan India

Rencana Pemerintah Bulgaria untuk menapaki negosiasi dengan Pemerintah AS terkait rencana pembelian jet-jet tempur F-16V Viper sudah ditanggapi skeptis oleh warganya.

Salah satu poin, selain harga, adalah soal kemungkinan kalau F-16V itu akan dibuat di India. Hal ini terkait dengan pemberitaan bahwa Lockheed Martin menawarkan untuk memindahkan seluruh fasilitas produksi F-16V ke India.

Imej bahwa jet tempur canggih, dibeli dengan harga mahal standar produk Barat, tetapi kemudian dibuat di India, telah membuat ciut dan kecut sejumlah warga. Menanggapi hal itu, Direktur Pengembangan Bisnis Internasional Lockheed Martin James Robinson membantahnya.


Menurutnya, jet tempur F-16V yang kalau jadi dibeli Bulgaria, akan dibuat di fasilitas Lockheed Martin di Greenville, Carolina Selatan bersama dengan pesanan Bahrain dan Slovakia.

Hal ini wajar karena India sendiri belum memutuskan apakah akan tetap membeli jet tempur F-16 atau tidak. Namun kalau ternyata India jadi memenangkan F-16V, dan kemudian negosiasi berlarut-larut, bukan tertutup kemungkinan bahwa F-16V nantinya akan jadi made in India.


Sumber: ucweb.com/Aryo Nugroho

Baca Juga:  China Bangun Kapal Induk Ketiga

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan