Buntut Bekunya Perjanjian Bom Plutonium Amerika dan Rusia, Dunia Bisa Kiamat!

Ketika Amerika Serikat memutus pembicaraan gencatan senjata dengan Rusia atas perang di Suriah, Presiden Rusia Vladimir Putin membalas dengan menangguhkan perjanjian senjata yang berusia hampir dua dekade untuk bersama-sama mengurangi jumlah bom plutonium.

Ditandatangani pada 2000, Perjanjian Manajemen dan Disposisi Plutonium telah menetapkan bahwa Rusia dan Amerika akan memusnahkan sejumlah bom plutoniumnya dan hanya mengambil seperlunya untuk tujuan pertahanan. Lalu keduanya setuju, bahwa setiap negara akan menyingkirkan 34 metrik ton kelebihan persediaan Plotuniumnya.

Di pihak Rusia bom Plutonium itu telah ada sejak masa perang dingin warisan Sovyet. Ada hampir 10.000 rudal warisan Sovyet yang telah “dilucuti” Plutoniumnya.

Sisa rudal Plutonium yang masih utuh disimpan oleh Rusia di kota tertutup Seversk di Siberia bagian barat yang menjadi rumah bagi dua reaktor nuklir dan penghasil plutonium terbesar, membuatnya jadi kompleks nuklir terbesar di planet ini.

Ketika perjanjian itu ditandatangani pada tahun 2000, menurut The Economist, Rusia masih menyimpan uranium yang telah diperkaya dan plutonium yang totalnya mencapai 23.000 tabung rudal di komplek itu.

Sementara Amerika Serikat menyimpan plutonium di Komplek Pantex dekat Amarillo, Texas, tempat perakitan dan sekaligus pemusnahan plutonium negara itu, sesuai kesepakatan.

Awalnya, plutonium itu akan dimusnahkan di Los Alamos National Laboratory di New Mexico tapi kemudian rencana itu dibatalkan. Lalu Pantex kemudian menjadi pilihan pemusnahan dan penyimpanan jangka panjang.

Baca Juga:  PL-10 Amunisi Rudal Ringan Terbaru Bagi Jet Tempur China

Baik Rusia maupun AS harus secepatnya memusnahkan kelebihan plutonium mereka. (Ini sangat sulit untuk dilakukan).

Tapi sekarang Rusia membatalkan perjanjian itu, maka itu sama saja dengan menempatkan lagi persediaan bom plutonium-nuklir milik Rusia-Amerika kembali ke atas meja permainan geopolitik yang berisiko memicu perang nuklir.

Banyak pertanyaan yang timbul. Apa sebenarnya Senjata atau Bom Plutonium? Dan bagaimana sih cara memusnahkannya?

Apa sih Bom Plutonium?

4 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Pakar Militer: Rusia Mampu Mengalahkan Negara Agresor Manapun – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan