Butuh Waktu Seminggu Untuk Merakit 3 Helikopter Apache

Sebanyak tiga unit helikopter serang AH-64E Apache Guardian buatan Amerika Serikat tiba di Landasan Udara Utama TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/12).

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Sabrar Fadhilah mengatakan, tiga helilopter tersebut tengah dalam proses registrasi dan perakitan.

“Ya, sudah datang kemarin, kalau tidak salah. Sudah datang tiga helikopter AH-64E Apache Guardian. Sekarang tentunya proses penerimaan ada prosedurnya kemudian dicek, registrasi, dan seterusnya,” kata dia, kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (20/12).


“Setelah itu, karena kemarin pakai pesawat jadi sekarang dalam proses dirakit,” imbuhnya.


Dia memperkirakan, proses perakitan akan memakan waktu sekitar satu pekan. Setelah itu, lanjut dia, pihaknya akan melakukan pengecekan dalam rangka persiapkan penerbangan helikopter.

Fadhilah pun menuturkan, sebanyak dua orang pilot telah dilatih untuk menerbangkan helikopter AH-64E Apache Guardian tersebut.

“Mungkin kurang lebih seminggu ya, dirakit di Semarang, skuadronnya di Ahmad Yani,” ujar dia.

Selain itu, lima unit helikopter AH-64E Apache Guardian yang dibeli dari Amerika Serikat diperkirakan akan tiba di Indonesia pada Maret 2018. Pembelian delapan helikopter ini termasuk dalam program Foreign Military Sales (FMS) untuk menjamin kesiapan alutsista secara maksimal. (CNN Indonesia)

Baca Juga:  Satu Petugas Patroli Laut Indonesia Ditahan Patroli Laut Vietnam Di Perairan Natuna

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan