Chengdu F-7M, Pesawat Tempur Buatan China Rasa Israel

Salah satu tulang punggung Angkatan Udara Myanmar adalah Chengdu F-7M buatan China. Namun jangan remehkan kemampuan teknologi pesawat yang desainya berbasis MiG-21 ini.

Pesawat ini sendiri adalah asli “bajakan” dari pesawst tempur MiG-21 buatan Uni Soviet. China benar-benar membajak atau mengambil garis desainya tanpa izin dari restu Uni Soviet.

Myanmar memiliki empat skadron F-7 dan FT-7, versi latihnya yang diadopsi dari MiG-21 Mongol-B. Jet-jet ini pertama kali diserahkan pada 1991, dikutip dari Jane’s (2/3) dan terakhir pada tahun 2000. Senjata dari jet tempur ini adalah rudal PL-2A, Myanmar membeli 350 unit.


Pada 1997, Myanmar yang diisolasi oleh Barat minta tolong pada Israel untuk meningkatkan kemampuan F-7M, terutama untuk peranan serang darat. Israel setuju, dan F-7M pun lahir ke dunia.


Tiga skadron atau 36 unit F-7 diubah ke standar F-7M dengan penambahan radar Elta EL/M-2032 yang punya fungsi udara-darat dan pod pemandu bom Litening, serta rudal udara-udara Python 3. Maka, jadilah F-7 ini punya kemampuan multi peran, yang tidak divisikan oleh pembuatnya. (Aryo Nugroho/UC News)

Baca Juga:  Myanmar Minta Lisensi Produksi Jet Tempur JF-17 Dari Pakistan-China

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan