China Akan Kembalikan 9 Panser Singapura Yang Ditahan di Hongkong

Drama penahanan 9 panser Terrex  milik Singapura oleh otoritas Hongkong akan segera berakhir. Ini setelah pihak berwenang Hong Kong mengkonfirmasi akan segera melepas barang sitaan sembilan kendaraan lapis baja militer milik Singapura yang mereka ditahan sejak November lalu.

Seperti yang dilansir oleh Straitstimes.com, dalam sebuah pernyataan, 24/1/2017, Kementerian Luar Negeri Singapura mengatakan Hong Kong Chief Executive Leung Chun Ying membalas surat sebelumnya dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong untuk memberitahukan bahwa pihak berwenang Hong Kong telah menyelesaikan penyelidikan mereka, “dan akan melepaskan kendaraan tempur infanteri Terrex Singapura dan peralatan lainnya kepada Pemerintah Singapura melalui carrier “.

“Ini adalah langkah yang positif,” sebut kementrian pertahanan Singapura.

9 Panser Terrex Singapura ditahan oleh otoritas Singapura selepas pulang dari latihan di Taiwan. Mereka dituduh oleh bea cukai Hongkong mengkamuflase jenis barang kendaraan dari militer menjadi komersial.


Ulah Singapura ini sempat membuat Beijing marah, karena selama menganggap Singapura membantu Taiwan, musuh bebuyutanya.


Singapura sendiri berdalih bahwa ke-9 panser mereka kembali dari Taiwan setelah berlatih. Dan sudah lebih dari 1 dekade, Singapura menyewa lahan di Taiwan untuk latihan bagi pasukan pansernya.

 

 

Baca Juga:  Usai Latihan TROPEX 2019, India Sebar Kapal Perang ke Perairan Di Kawasan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan