China Akan Segera Nyalip Teknologi Militer Amerika

Sebuah Laporan yang oleh Center for New America Security dan ditulis oleh Mantan Wakil Menteri Pertahanan Robert Work dan eks asisten khususnya, Greg Grant, mengejutkan publik.

Laporan tersebut dilansir ke publik oleh Newsweek Kamis (6/6/2019), yang menyebut, bahwa China akan segera meenyalip dan mengakhiri dominasi militer Amerika Serikat di dunia.

“Dengan sabar, PLA terus mengejar ketertinggalan dengan AS dalam dua dekade terakhir,” ulas laporan itu. China mempelajari cara berperang Washington.


China juga disebut mempunyai “kemampuan hitam”. Yakni keunggulan yang tidak diketahui dan bakal dikeluarkan saat terjadi perang untuk mengejutkan lawan.

“Negara itu kini makin mempersempit jarak dengan sistem operasional AS, dan berambisi menjadi negara dominan di bidang teknologi,” demikian isi laporan itu.

Work dan Grant menjelaskan, upaya China untuk mengungguli AS dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah upaya modernisasi yang terjadi pada 1990 hingga 2000-an.

Kemudian fase kedua ditempuh setelah Beijing bisa mengembangkan senjata presisi dan jaringan tempur yang canggih, dan membuat mereka dominan di kawasan regional.


Pesawat siluman China, J20 Chengdu

Dengan keunggulan di bidang rudal hipersonik maupun senjata anti-kapal, China bisa unggul di area Taiwan maupun Laut China Selatan, dan membuat AS fokus kepada mereka.

Fase terakhir diambil begitu China bisa melewati kecanggihan teknologi militer AS. Fase ini bisa membuat Beijing mulai memperluas kepentingan mereka di seluruh dunia.

Baca Juga:  Argentina Incar Jet Tempur FA-50

Laporan itu mengungkapkan China menggunakan strategi mata-mata di bidang industri dan teknis untuk menganalisis dan mengeksploitasi kelemahan Pentagon.

China kemudian menginvestasikan dana besar di sektor kecerdasan buatan untuk memperoleh keunggulan di medan perang.

“Saya mungkin bakal sering mengatakan ‘China sudah datang, China sudah datang, China sudah datang’ jika diperbolehkan,” ujar mantan Wamenhan periode 2014-2017 itu. |
Sumber: kompas.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan