China Bangun Kapal Induk Ketiga

China telah memulai pengerjaan kapal induknya yang ketiga, Xinhua News Agency melaporkan pada hari Minggu (25/11) tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di akun WeChat-nya, Xinhua mengidentifikasi “kapal induk generasi baru” sedang dibangun di galangan kapal China State Shipbuilding Corp sesuai jadwal.

Artikel itu, yang dimaksudkan untuk memperingati ulang tahun keenam takeoff dan pendaratan pertama pesawat tempur China pada kapal induk pertama China Liaoning, tidak menguraikan mengenai program “kapal induk generasi baru”, yang akan menjadi kapal induk ketiga negara tersebut.


Kapal induk pertama China, Liaoning tengah digunakan untuk pengujian, kapal induk kedua yang disebut sebagai ‘Type 001A’ sedang menjalani sea trial, kapal induk yang ketiga telah memasuki tahap konstruksi, sesuai dengan rencana Angkatan Laut China untuk mempercepat pengembangan kapal induk.

Sebuah foto kapal induk baru telah dirilis oleh China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC) di masa lalu tanpa memberikan keterangan apa pun. Dalam satu gambar pada pertemuan dewan CSIC awal tahun ini, layar latar belakangnya menunjukkan gambar ilustrasi tiga kapal induk China.

Kapal induk baru yang yang tengah dibangun akan disebut sebagai ‘Type 002’ dan diperkirakan akan memiliki catapult take-off and arrester-cable landing assist system, tidak seperti sistem ski jump pada Type 001A.


Padagambar nampak kapal induk berada dilatar depan dengan flat deck yang menunjukkan penggunaan sistem peluncuran katapel.

Baca Juga:  Rudal Hipersonik Zircon Milik Rusia Membuat Senjata Buatan Barat Terlihat "Usang"

Sistem seperti itu akan membutuhkan daya yang besar dan kemungkinan akan membutuhkan penggerak tenaga nuklir untuk memasok daya yang dibutuhkan.

SUmber : defenseworld.net

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan