China Klaim Kapal Destroyernya Anti Satelit

Kapal destoyer China Type-055 yang dilengkapi peluru kendali dengan bobot 12.000 ton diklaim punya mode siluman yang selain tidak terdeteksi radar juga tidak bisa menghindari dari satelit mata-mata.

Dilansir Navyrecognition, Kapal ini dilengkapi dengan sistem radar dual-band yang memiliki kemampuan anti-stealth dan anti-satelit di orbit rendah Bumi, China Central Television (CCTV) melaporkan akhir pekan lalu. Kemampuan anti-satelit khususnya telah mendorong diskusi di antara pengamat militer.

Beberapa sistem radar canggih yang dihasilkan oleh teknologi modern dapat mendeteksi pesawat/satelit orbit rendah Bumi, yang mengitari Bumi di ketinggian 300 hingga 500 kilometer. Jika sistem radar memiliki kinerja yang cukup tinggi, tidak hanya dapat mendeteksi, tetapi juga melacak satelit, yang berarti radar kemudian dapat memandu senjata untuk menyerang satelit.

Dalam video pengantar untuk Nanchang, kapal pertama dari jenisnya, yang dirilis oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) pada liburan Festival Musim Semi pada Februari 2020, AL PLA mengonfirmasi bahwa kapal tersebut memiliki bobot lebih dari 12.000 ton. Kapal perang itu sebelumnya secara samar-samar disebut sebagai kapal desroyer kelas 10.000 ton pertama Tiongkok, tanpa informasi mengenai displacement pastinya. “Ini telah membantah perkiraan beberapa analis bahwa displacement Type 055 hanya sedikit lebih dari 10.000 ton, dan mengindikasikan jenis kapal bisa lebih kuat dari yang diperkirakan semula,” seorang ahli militer yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Global Times.

Baca Juga:  S-350E Vityaz, Sistem Pertahanan Udara Ringain Setangguh S-400 Buatan Rusia

Angka 12.000 ton tersebut dapat mengacu pada displacement standar atau normal, sehingga displacement penuh berpotensi mencapai 13.000 ton, para pakar memperkirakan, mencatat bahwa Tipe 052D, klasifikasi sebelumnya dari kapal perusak Tiongkok, memiliki perkiraan displacement hanya 6.000 hingga 7.000 ton. Displacement merupakan indikator penting dari kemampuan tempur kapal perang dalam berbagai aspek termasuk daya tembak dan kemampuannya untuk berlayar di laut lepas, karena displacement yang lebih besar menghasilkan stabilitas yang lebih tinggi, lebih banyak membawa bahan bakar dan amunisi, kata para analis.

Dengan displacement lebih dari 10.000 ton, Type 055 adalah kapal destroyer berpeluru kendali dengan panjang 180 meter, lebar 20 meter dengan 112 sel peluncur vertikal rudal yang mampu meluncurkan kombinasi rudal permukaan-ke-udara, rudal anti-kapal, rudal serang darat dan rudal anti-kapal selam, menurut laporan media sebelumnya.

Mengingat ukuran besar Type 055, secara alami akan mampu membawa jenis rudal pertahanan udara yang mampu mencapai sasaran di orbit rendah Bumi, Wang memperkirakan, mencatat bahwa sistem radar yang digunakan pada Type 055 juga dapat mengirimkan data melalui data chain ke pasukan pertahanan udara berbasis darat yang dapat meluncurkan rudal anti-satelit. Satelit orbit rendah Bumi dapat memantau wilayah medan perang yang luas dan memberikan informasi intelijen yang kaya kepada operatornya. Di masa perang, jika satu pihak dapat menyingkirkan satelit musuh, hal itu dapat menetralkan bagian penting dari sumber intelijen musuh dan memberikan keuntungan untuk dirinya sendiri. Dalam uji coba yang dilakukan pada 2007, Tiongkok berhasil menghancurkan satu satelit, lapor BBC saat itu. Liu Jianchao, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, mengkonfirmasi tes tersebut dan menekankan bahwa Tiongkok berkomitmen untuk pembangunan luar angkasa yang damai.

Baca Juga:  M-48 Pere, Tank Peluncur Rudal Israel Khusus Buat Musuh Bebuyutanya Suriah

Meskipun ini juga merupakan pertama kalinya media milik negara Tiongkok mengkonfirmasi kemampuan anti-stealth Type 055, tidak terlalu mengejutkan jika dibandingkan dengan kemampuan anti-satelitnya, karena Tiongkok telah mengungkapkan beberapa jenis sistem radar anti-stealth dalam banyak kesempatan terbuka, kata pengamat militer.

Nanchang menandai pencapaian Tiongkok di tingkat yang lebih maju secara global dalam hal teknologi penggerak kapal permukaan dan bahwa kecepatan kapal perang itu termasuk tinggi, namun tidak diungkapkan rincian sistem propulsi kapal atau kecepatan tertinggi kapal. Para analis memperkirakan Type 055 akan memiliki varian yang menggunakan penggerak listrik sepenuhnya di masa depan, yang dapat memungkinkan distribusi daya yang lebih optimal dan mewujudkan penggunaan senjata berenergi tinggi seperti laser.

Sumber : navyrecognition.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan