China Siagakan Pasukan Di Perbatasan, siap Amankan Ladang Gas Di Myanmar

China dilaporkan telah menyiapkan kekuatan militernya di perbatasan Myanmar-China. Pasukan China telah disiagakan di kawasan Jiegao yang berseberangan dengan kota Muse di Negara Bagian Shan, Myanmar.

Dikutip dari The Irrawaddy, Kamis (1/4/2021), ribian pasukan dan truk militernya dikerahkan ke wilayah itu beberapa hari sebelumnya.

Sejumlah kelompok pemberontak di daerah itu menyebut bahwa China telah mengirim sinyal siap masuk mengamankan aset investasinya di Myanmar. Terutama pipa gas alam.

Pada awal Maret, China meminta junta militer Myanmar untuk melindungi pipa minyak dan gas yang mengalir ke negara tersebut.

Inilah penyebab utama kudeta militer oleh Junta. Sejak dipimpin pemerintah sipil pimpinan Aung San Su Kyi. China menggelontorkan hutang dan investasi bernilai milyaran dollar untuk mengeruk gas alam Myanmar.

Pihak militer merasa kekayaan alam telah dijual murah dan ekonomi telah dijajah China melalui hutang. Selama dipimpin Junta Militer, walau dicap negara miskin, tapi tak pernah rasio hutang luar negerinya melonjak seperti sekarang.

Baca Juga:  China Luncurkan Dua Kapal LMS Terakhir Pesanan Malaysia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan