China Siap Kirim Pasukan ke Suriah Bantu Bashar Al-Assad

China berencana mengirimkan pasukannya ke Suriah untuk membantu pasukan Presiden Bashar Al-Assad. Demikian situs The New Khaleej melaporkan.

Seorang sumber mengatakan Kementerian Pertahanan China bermaksud untuk mengirim dua unit pasukan khusus yang dikenal sebagai “Harimau Siberia” dan “Harimau Malam” untuk membantu pasukan pemerintah Suriah, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Rabu (29/11).

“Orang-orang China (pasukan China) akan tiba dalam beberapa minggu mendatang,” kata seorang pejabat militer Suriah kepada situs berita Lebanon Al-Masdar Al-‘Arabi, seperti dilansir dari Russia Today.


Sumber tersebut menambahkan langkah itu dilakukan saat China semakin khawatir dengan kehadiran militan Islam di wilayah Turkistan Timur, mereka terlihat membantu kelompok oposisi di Suriah.


Pekan lalu, dalam sebuah pertemuan dengan Penasihat Presiden Suriah Bouthaina Shaaban, Menteri Luar Negeri China Wang Yi memuji upaya rezim tersebut dalam menangani militan dari Gerakan Islam Turkistan Timur.

Ini bukan pertama kalinya tentara China menyeberang ke Suriah. Pada tahun 2015, rezim Suriah mengizinkan sekitar 5.000 tentara China memasuki wilayahnya sebagai pasukan sekutu. Mereka ditempatkan di wilayah Latakia Barat. Penasihat militer China juga termasuk di antara penyebaran militer ini, serta pasukan angkatan laut dan udara.

Baca Juga:  Turki Dilaporkan Mulai Meneror Kota Manbij, Dua Tentara Koalisi Dilaporkan Tewas

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan