China Siap Serang Taiwan Pada 3 November?

Sebuah isu tentang rencana China menyerang Taiwan pada 3 November 2020 menjadi viral di media sosial. Isu itu berasal dari tweet Hu Xijin, pemimpin media Global Times yang terafiliasi dengan pemerintah Partai Komunis China.

Menurut Hu Xijin klaim itu datang dari Amerika Serikat (AS)bukan dari China.

“Hal buruk apa yang telah dilakukan pihak berwenang Taiwan sehingga lebih dari satu mantan pejabat AS memperkrakan PLA (tentara nasional China) akan menyerang Taiwan pada Minggu 3 November ketika pemilihan presiden AS digelar,” tulisnya di akun Twitternya, dikutip Senin (21/9/2020).

“Tsai Ing-wen (Presiden Taiwan) harus merenungkan dirinya sendiri, atau dia akan menjadi “presiden” Taiwan yang digulingkan oleh PLA.”

Ungkapan Hu Xijin tersebut mengomentari artikel yang muncul di media AS, The Hill. Di sana dimuat artikel dengan judul “Pemilu AS bisa saja berbahaya buat Taiwan, sebuah kesempatan buat China”.

Dalam tulisan tersebut, kontributor media itu menulis akan baik untuk China menyerang di 3 November. Pasalnya momen itu AS tengah berada dalam krisis suksesi yang membuat kemungkinan kecil untuk negara itu mengintervensi.

Selama ini, China dan Taiwan memang tidak pernah akur. Dua negara satu bangsa itu saling klaim. Bagi China, Taiwan adalah provinsinya sedangkan Taiwan menolak klaim itu.

Baca Juga:  Tentara Kurang Gizi, Kim Jong Un Resmikan Pabrik Makanan Untuk Militer

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan