China Sudah Terima 12 Unit Sukhoi Su-35 Ditempatkan Di Laut China Selatan

Pengiriman unit pesawat Sukhoi Su-35 pesanan China terus mengalir lancar dan berlangsung cepat. Sejak kontrak ditandatangani pada awal 2016, sampai saat ini militer China terlah menerima total 12 Pesawat tempur atau hampir utuh satu skuadron. Pengiriman batch pertama 4 unit dan pada tahun sudah 8 unit lagi yang dikirim, AU China berharap 2 unit lagi sampai sebelum tahun berganti agar utuh satu skuadron.

Kiriman terakhir dari gelombang kedua sejumlah 4 unit yang dikirimkan Rusia pada bulan Juni 2017. Keempat Su-35 diterbangkan dari produsen pesawat Komsomolsk on Amur ke China dengan pesawat kargo IL-76TD.

AU China sendiri tak main-main pada peran yang diberikan kepada pesawat super manuverable tersebut.  Sukhoi Su-35 ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Suixi di Zhanjiang, Guangdong, China. Pangkalan ini bertugas untuk menjaga kedaulatan atas Laut pesisir timur yang berbatasan dengan Taiwan dan Laut Cina Selatan yang terus memanas.


Tentu saja di kawasan tersebut, Sukhoi Su-35 adalah pesawat yang paling digdaya. Makanya Amerika Serikat mengebut pengiriman pesawat JSF-F35 untuk Jepang, guna menyaingin keperkasaan china di udara kawasan tersebut.


Meski belum cukup membentuk skuadron udara dengan kekuatan penuh, namun Su-35 China untuk sementara dapat difungsikan sebagai skuadron latih untuk melatih pilot-pilot pesawat tempur Su-35 China. (scn.com)

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan