China Sukses Bikin Mesin Helikopter Buatan Sendiri

Di bidang Teknologi dan rancang bangun China saat ini bisa dibilang sejajar dengan negara-negara lainnya terutama dari Eropa dan AS. Diberitakan oleh Safran (10/9/2019) Safran Helicopter Engine dan Aero Engine Corporation Of China (AECC) mengumumkan bahwa mereka berhasil mendapatkan sertfikat layak untuk mesin jenis Turboshaft WZ 16 dari Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC).

Mesin WZ 16 atau Ardiden 3C adalah mesin khusus helikopter yang dikembangkan dan dibangun bersama oleh Safran Helicopter Engine dan Harbin Dongan Engine serta Lembaga Penelitian Penggerak Angkasa Luar Hunan (HAPRI) yang keduanya bagian dari konsorsium AECC.

WZ16 / Ardiden 3C adalah mesin turboshaft generasi baru dengan daya kisaran 1.700-2.000 shp. Keluarga Ardiden 3 telah menyelesaikan lebih dari 10.000 jam pengujian, memastikan tingkat kematangan desain yang tinggi dan biaya operasi dan pemeliharaan yang kompetitif. memiliki fitur arsitektur modular yang sangat kompak, rasio power-to-weight terbaik di kelasnya dan biaya operasional yang rendah. Ini juga menghasilkan konsumsi bahan bakar setidaknya 10% lebih baik daripada mesin yang beroperasi di kisaran daya yang sama.

Menurut rencana mesin ini akan digunakan oleh helikopter AVIC AC352 yang mana helikopter ini lagi-lagi merupakan kerja bareng dengan AVIC dengan Airbus Helicopter yang mengambil desain dari heli H 175.

Sumber: World Defense News

Baca Juga:  Ilmuwan Rusia Bantu Pengembangan Rudal Nuklir Korea Utara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan