China Terima Kiriman Pesawat Sukhoi Su-35 Lagi

China dilaporkan telah menerima pengiriman batch baru jet teempur Sikhoi Su-35 “Flanker-E” dari Rusia. Ini adalah kiriman batch ketiga untuk China..

Website flight tracking live Flightradar24 juga mencatat bahwa sebuah pesawat angkut Ilyushin Il-76TD milik Volga-Dnepr Airlines (RA-76952), sebuah perusahaan charter Rusia, berangkat dari Komsomolsk-on-Amur Aircraft Production Association (KnAAPO), pembuat Su-35, menuju Cangzhou-Cangxian Airbase di utara provinsi Hebei China.

Pesawat angkut Il-76TD tersebut mengiringi lima jet tempur Su-35. Pesawat-pesawat tersebut melakukan penerbangan dari Rusia ke China dengan berkelompok. China direncanakan menerima 10 pesawat Su-35 pada tahun 2017 ini.


Beijing sendiri telah mengkonfirmasi pada November 2015 bahwa mereka menandatangani kontrak senilai $ 2 miliar dengan Rusia untuk mengakuisisi 24 pesawat Su-35, menyusul negosiasi panjang selama lima tahun untuk pesawat terbang tersebut.

Pada tanggal 25 Desember 2016, empat jet tempur Su-35 “Flanker-E” pertama Angkatan Udara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) mendarat di Pangkalan Udara Suixi di Provinsi Guangdong, pangkalan udara China yang terdekat ke Laut Natuna Utara (Laut China Selatan).


China sudah lama akrab dengan jet tempur platform Rusia, sebelumnya mereka membeli jet tempur multirole Su-27 dan Su-30 dari Rusia pada 1990-an dan awal 2000an. China juga mendapat izin memproduksi sendiri beberapa model pesawat tempur Soviet dan Rusia . Sampai saat ini AU Tiongkok dan AL Tiongkok masih mengandalkan pesawat tempur buatan negeri beruang merah itu.(Angga/TSM/Defence Blog)

Baca Juga:  Israel Bakal Nambah Membeli 17 Unit F-35
Advertisements

3 Komentar

Tinggalkan Balasan