China Uji Coba Rudal Jenis Baru di Dekat Laut Semenanjung Korea

China dikabarkantelah menguji rudal jenis baru di laut timur dekat Semenanjung Korea, demikian dikatakan oleh Kementerian Pertahanan negara itu, beberapa jam setelah Pilpres Korse Selatan.

Uji coba di Laut Bohai tersebut dilakukan untuk “meningkatkan kemampuan operasional angkatan bersenjata dan secara efektif merespons ancaman terhadap keamanan nasional” menurut pernyataan singkat kementerian, yang dikutip oleh kantor berita Agence France-Presse.

Pernyataan itu tidak menyebutkan kapan uji coba rudal berlangsung, hanya menyatakan bahwa itu terjadi “baru-baru ini”.


Pernyataan kementerian juga tidak memberikan rincian mengenai rudal yang diuji coba atau jenis platform tempat peluncuran.

Pengumuman tersebut disampaikan saat warga Korsel memilih mantan pengacara HAM, Moon Jae-In, menjadi presiden setelah pelengseran presiden sebelumnya yang terlibat skandal korupsi.

Uji coba tersebut juga terjadi saat China, AS, dan dua negara Korea terlibat dalam perselisihan diplomatik rumit sehubungan dengan peluncuran rudal Pyongyang dan potensi uji coba nuklir terbaru.

Militer AS sudah memasang sistem pertahanan antirudal di Korsel untuk menghalangi Korut, namun China melihat pengerahan itu sebagai ancaman terhadap keseimbangan keamanan regional dan kemampuan rudal balistiknya sendiri.

sumber : kompas.com

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan