China Umumkan Pesawat Siluman J-20 Telah Masuk Ke Angkatan Udaranya

Pesawat tempur J-20 dengan teknologi generasi ke-5 dengan siluman anti radar buatan China telah secara resmi masuk dinas militer Angkatan Udara Tentara Pebebasan Rakyat China (PLA), kata Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Tiongkok pada hari Kamis (28/09) dalam sebuah konferensi Pers seperti dilansir kantor berita China, People’s Daily.

Pesawat yang rancang bangungya dituding menjiplak desain F-22 Raptor milik Amerika serikat. J-20 adalah jet tempur stealth menengah jarak jauh dengan kualifikasi multiperan.

Pesawat ini melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2011 dan pertama kali diperlihatkan kepada publik pada acara Chinashow ke-11 di Zhuhai, Provinsi Guangdong, pada bulan November tahun lalu.

Dengan peresmian tersebut, J-20 bergabung dengan F-35 dan F-22 buatan AS sebagai jet tempur stealth operasional di dunia.  Keberhasilan China membangung J-20 ini berarti telah melangkahi Rusia, bapak kandungnya dalam hal teknologi.

Rusia sendiri malah belum mampu pesawat generasi ke-5 dan masih bergelur dengan jet tempur stealthnya Su-57 (T-50 PAK FA) yang masih dalam pengembangan.


Negara pertama yang menyatakan minat kepada pesawat ini adalah Pakistan, yang selama ini cukup akrab dalam hal pengembangan pesawat dengan China. Pakistan berencana membeli pesawat J-20 sembari terus mengembangkan pesawat kolaborasinya dengan China (JF-17 Thunder) melangkah ke generasi ke-5.


Sumber: nationalinterest.com

Baca Juga:  Pesawat F-15SG Singapura Tampil Cantik Dengan Livery Khusus 50 Tahun

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan