Citra Satelit Proyek Kapal Induk Kedua China

Pantuan citra satelit mengungkapkan kemajuan militer Cina dalam membuat kapal induk baru generasi kedua, Project Type 001A. Kapal induk Type 001A ini diprediksi akan diluncurkan segera setelah awal 2017. Namun, pada awal Desember lalu, kementerian pertahanan Cina memastikan bahwa Cina memang sedang membangun kapal induk kedua namun tidak memastikan waktu peluncurannya.

Dikatakan kementerian pertahanan, program kapal induk itu adalah rahasia negara. Konstruksi pembuatan kapal induk ini dimulai di

Dalian New Shipbuilding Heavy Industry, di provinsi timur laut Liaoning pada awal tahun 2015 dan sejak itu terus dibangun dengan langkah cepat. Citra satelit ini diperoleh dari mitra stratfor.com yang menunjukkan bahwa proyek ini adalah konstruksi modular, di mana bagian kapal yang dibangun secara terpisah dan kemudian dipasang bersama-sama. Dengan cara ini memungkinkan waktu pembangunan menjadi lebih pendek dan fleksibilitas yang lebih besar. Pentagon dalam laporannya pada tahun lalu mengatakan, Beijing mampu membangun sejumlah kapal induk dalam waktu 15 tahun ke depan. 



Program kapal induk Cina adalah inti dari strategi Cina untuk memproyeksikan kekuatannya sebagai kekuatan angkatan laut global. Kapal induk ini tidak hanya memberikan prestise bagi militer Beijing, tetapi kapal ini juga akan berperan dalam mengamankan jalur penting pasokan luar negeri Cina. Untuk saat ini, program yang kapal induk Cina masih dalam tahap awal, namun Beijing berencana meluncurkan setidaknya tiga kapal induk. (theglobal-review.com)

Baca Juga:  Amerika Tuding China Jual Senjata Terlalu Murah Biar Bisa Memonopoli Pasar

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan