CN-235 Pesanan Senegal Telah Dikirim PT DI

PT Dirgantara Indonesia (PT DI) kembali mengirimkan pesawat pesanan ke pembeli, kali ini adalah CN-235/220M pesanan Senegal. Setelah menempuh 10 hari ferry flight, CN235 pesanan AU Senegal itu akhirnya tiba di ibukota Senegal, Dakar.

Pesawat tersebut berangkat dari Bandung pada Selasa pagi, 27 Desember 2016 dan akhirnya tiba mendarat di Bandara Internasional Dakar, Jum’at sore, 6 Januari 2017 sekitar pukul 17.00 waktu setempat atau pukul 24.00 WIB.

Dalam press release PT DI, Selama menempuh penerbangan lintas benua ini dilaporkan tak mengalami hambatan berarti, kecuali sedikit kendala perizinan saat melintas di atas India. 


Rute yang ditempuh dari Bandung, pesawat ini melakukan transit di Srilangka, Maladewa, Pakistan, Arab Saudi, Sudan, Chad, dan Burkina Faso. Di Dakar, tim ferry-flight yang dipimpin Capt. Esther Gayatri Saleh disambut hangat Kastaf AU Senegal Gen. Birame Diop, Dubes RI untuk Senegal Mansyur Pengeran dan sejumlah pejabat setempat.

Seperti dilansir Angkasa, ini adalah CN-235 kedua milik AU Senegal, pesawat pertama masuk ke Arsenal mereka pada 2007. Pesawat ini sendiri dipesan tahun 2014 di ajang Indo Defence. Berarti PT DI hanya perlu waktu 3 tahun untuk menyelesaikan kontrak pembelian ini.

Meskipun memiliki dasar konfigurasi sebagai pesawat angkut pasukan, namun CN-235 seharga 22 juta dollar ini sewaktu-waktu bisa diubah jadi VIP, penumpang dan evakuasi medik. Pihak Senegal sendiri telah menyatakan minatnya untuk kembali memesan dua unit CN-235 dari versi patroli maritim.

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan