CN-235 TNI AU Upgrade Radar Leonardo SAGE

CN-235 MPA milik TNI AU akan mendapat pasokan radar baru SAGE Electronic Support Measures (ESM) buatan Leonardo Finmeccania asal Italia. Nama perusahaan ini terilhami oleh Leonardo da Vinci, ikon kreativitas dan inovasi kaliber dunia.

CN-235 MPA punya fungsi untuk patroli laut termasuk deteksi kapal selam. Pasokan sensor radar baru ini akan lebih maksimal melindungi teritori Indonesia yang begitu luas.

Sensor SAGE ini juga bisa digunakan untuk tujuan intelijen, pengawasan dan penelitian militer di suatu daerah tertentu untuk menemukan musuh atau objek-objek penting lain.

Pihak perusahaan teknologi tersebut menyatakan program modifikasi ini dipimpin PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan perusahaan AS Integrated Surveillance and Defense (ISD).

Sistem SAGE diklaim bisa mendekteksi segala bentuk ancaman di wilayah maritim. Dengan gelombang spektrum eletromagnet, SAGE menawarkan biaya rendah, jangkauan luas dan dengan kontrol elektronik canggih untuk mendeteksi ancaman dan menemukan pusat ancaman di wilayah maritim.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan pertahanan wilayah Indonesia yang begitu luas sehingga kerap membuat kewalahan TNI untuk diawasi secara ketat.

Pesawat pertama CN-235 milik TNI AU tersebut dipasangi sensor cerdik tersebut pada tahun ini. Sensor Leonardo akan di integrasikan dengan sistem misi taktis pesawat secara umum.

Pihak Leonardo-Finmeccanica yang bermarkas di Roma itu bekerjasama dengan PT DI dan ISD untuk merealisasikan kemampuan baru ini pada pesawat intai TNI AU. Dan berharap kerjasama ini bisa berlanjut di masa mendatang.

Sebagai catatan, saat ini sistem sensor SAGE sudah diaplikasikan pada helikopter-helikopter milik pemerintah Korsel dan direncanakan akan masuk ke Brazil pada tahun 2017. (monch)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan