Corner Shot, Senapan Khusus Karya Poltekad TNI AD Untuk Gerilya Kota

Corner Shot atau senapan yang membidik sasaran dari laras yang berbelok sangat berguna untuk pertempuran jarak dekat di area perkotaan atau pergedungan. Senjata ini pertama kali dikenalkan oleh Israel untuk kepentingan pertempuran kota melawan gerilyawan Palestina.

TNI Angkatan Darat melalui Bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertahanan ternyata juga mampu merancang senjata ini secara mandiri.

Keunggulannya adalah mampu melindungi penembak serta membidik sasaran meski posisinya berada di kanan kiri penembak.

Kapten Moh Ali prajurit Pusdik Arhanud saat mengoperasikan Corner Shot mengatakan, jika asesoris tambahan pada senjata itu mampu membelokan laras ke arah kanan dan kiri sampai 60 derajat.


“Pistol ini dengan asesorisnya mampu melindungi penembak dari musuh. Bagian laras depan bisa berbelok ke kanan dan ke kiri sampai 60 derajat,” terang Ali ditemui detikcom di Markas Pusdik Arhanud TNI AD Jalan Kesatrian, Pendem, Kota Batu, Sabtu (17/11/2018).


“Kita akan lebih mudah membidik musuh, karena ada kamera pengintai di bagian laras. Sasaran akan mudah dilumpuhkan tanpa mengetahui keberadaan penembak. Prototipe ini dibuat dan sudah digunakan untuk pasukan khusus TNI,” sambungnya.

Butuh waktu selama enam bulan untuk merancang senjata khusus yang dilengkapi layar menampilkan sasaran yang dituju tersebut.

“Kita butuh waktu enam bulan. Karena harus mendesain dahulu sampai dengan assembling,” papar Ali.

Baca Juga:  PT PAL Segera Produksi Kapal Selam Untuk TNI

Corner Shot beroperasi dengan bergantung kepada kemampuan baterai. Jika dalam posisi standby, akan mampu bertahan sampai lima jam.

“Jika dioperasikan terus menerus, maka hanya mampu bertahan sampai satu jam saja,” terang Ali.

Ali turut mempraktikkan bagaimana sistem kerja dari Corner Shot di tempat pelatihan menembak di miliki Poltekad yang keberadaannya di Markas Pusdik Arhanud TNI AD.

Sumber: detik.com

2 Komentar

  1. Bagus sih, tapi sayangnya tetap saja itu PRODUK TIRUAN. Bukan hanya produknya, tapi juga bahkan namanya!
    CornerShot YANG ASLI ditemukan oleh Kolonel (Purn.) Amos Golan dari Israel Defense Force (tentara Israel) pada awal tahun 2000-an, setelah melakukan penelitian yang memakan waktu.
    CornerShot yang diproduksi mulai tahun 2003 sampai saat ini juga adalah merek dagang milik Corner Shot Holding, LLC yang berlokasi di Florida, Amerika Serikat. Amos Golan menjadi Joint CEO-nya. CornerShot yang asli saat ini diproduksi dalam 4 varian: Standard, 40 mm Grenade Kauncher, Assault Pistol Rifle (APR), dan CornerShot Panzerfaust.
    Kalau mau lihat aksinya, ada video CornerShot yanf digunakan dalam latihan oleh tentara Israel (banyak di YouTube), selain itu ada juga di dalam film keren Wanted (2008), di sini CornerShot digunakan oleh Angelina Jolie (berperan sebagai Fox).
    Mengenai barang jiplakan ini tentu saja kita bukan yang pertama menjiplak karena China dan Korea Selatan, dua negara yang rajin bikin barang jiplakan sudah lebih dahulu melakukannya, bahkan tanpa malu menampilkan produk tiruan dalam pameran militer. Berikutnya Iran, Pakistan, dan India mengikuti jejak mereka memproduksi tiruan sejenis CornerShot. Tetapi untuk sopannya janganlah kita sebut itu barang palsu, kloning, atau jiplakan, kita sebut saja ‘barang sejenis’ atau ‘karya yang dikembangkan’, begitu sajalah.
    Apapun itu, maju terus Poltekad TNI AD, berkarya terus untuk melengkapi para prajurit penjaga NKRI tercinta.

Tinggalkan Balasan