CX-1 Rudal Brahmos Bajakan Versi China

foto: armyrecognition

China seperti tak perlu rasa malu untuk membajak atau meniru sistem senjata milik musuhnya dalam upaya mengisi arsenalnya. India sebagai salah satu musuh bebuyutan China, juga turut dicontek.

Sejak tahun 2014, China dengan bangga memamerkan rudal balistik jarak menengan CX-1 yang desainya menjiplak rudal Brahmos milik India yang dikembangkan bersama Rusia.

Rudal Supersonik CX-1 dibuat dalam dua varian, CX-1B yang diluncurkan dari truk dan CX-1A yang diluncurkan dari kapal perang.


CX-1 dirancang untuk menyerang sasaran di daratan dan di laut jangkauan optimal mencapai 40-280 km. Rudal ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi, China mengklaim CX-1 mempunyai radius kemungkinan meleset/CEP (circular error probable) dari sasaran kurang dari 20m. Sedangkan kecepatanya mampu mencapai Mach 2,4.


Yang jadi masalah, China sangat erat dengan Pakistan yang juga musuh bebuyutan India. Akan sangat menarik jika Pakistan nantinya juga memiliki Brahmos versi China ini.

Berikut galery dari demo rudal Brahmos versi China, CX-1

 

Baca Juga:  M-48 Pere, Tank Peluncur Rudal Israel Khusus Buat Musuh Bebuyutanya Suriah

4 Komentar

  1. China ga kreatif, tukang jiplak, pantes banyak musuhnya, katanya org2 china pintar2 dan jaguh2, tp apa2 yg dibikin knp niru buatan negara lain…ga ada bagusnya nie china…si jiplak yg komunis…

  2. Nah pemirsa, akhirnya dicontek juga brahmos kita yang dari india. Tapi aku yakin dibalik itu semua cina tdk sendirian, untk melakukan riset itu membutuhkan waktu yg panjang ,tidak segampang itu nengkoning sesuatu, pasti ada ahli luar yg masuk.

Tinggalkan Balasan