Daftar Battle Proven Si Pesawat Rafale Incaran Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berencama membeli pesawat tempur Rafale buatan Prancis. Perancis sendiri sebenarnya juga pernah menawarkan Rafale pada tahun 2015 sebagai pengganti F-5 Tiger yg pensiun. Indonesia saat itu lebih memilih Su-35 dari Rusia.

Seberapa hebat sih rekam jejak pesawat ini di medan laga?

Pertama, Invasi Afghanistan (2006-2011)

Rafale terlibat dalam serangkaian misi di Afghanistan sejak tahun 2006 hingga 2011. Semua misi-nya diberi nilai sukses. Rafale diklaim tetap sasaran ketika menembak target menggunakan roket modular udara ke darat HAMMER, bom berpemandu laser PAVEWAY, hingga meriam 30 milimeter.

Kedua, Invasi Libya
Operasi militer kedua ini melambung na Rafale. Libya punya selusin pertahanan udara S-300 dan tak ada seekor Rafale punya jatuh tertembak.

Selama konflik Libya, ratusan target seperti tank, kendaraan lapis baja, penempatan artileri, tempat penyimpanan, pusat komando dan sistem pertahanan udara (SA-3 Goa dan SA-8 Peluncur Gecko fixed dan mobile SAM) dipukul dengan akurasi yang tepat oleh Rafale.

Kedua, Operasi Anti ISIS
Pada Oktober 2019 Rafale ditugaskan untuk menghancurkan terowongan bawah tanah ISIS di Irak. Aksi ini adalah misi koalisi sejumlah negara melawan ISIS di Irak dan Suriah yang bernama operasi Chammal. Diklaim sukses, seluruh gerowongan hancur dan suplai logistik ISIS terputus.

PESAWAT TEMPUR RAFALE

Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I Marsma TNI Fahru Zaini Isnanto (kiri) berbincang dengan pilot Angkatan Udara Perancis Capitaine Sebastian Dupont (kanan) usai melakukan uji terbang menggunakan pesawat tempur Rafale buatan Dassault Aviation Perancis di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (25/3/2015). Kehadiran dua unit Rafale di Indonesia tersebut untuk memberi alternatif sumber pengadaan calon pengganti F-5E/F Tiger II di Skuadron Udara 14. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Kesuksesan misi-misi di atas makin menegaskan Rafale sebagai pesawat multirole. Bisa memburu musuh di udara dan ampuh untuk menghajar musuh di darat.

Baca Juga:  Ada Ujicoba Rudal, Tiga Rute Penerbangan Dialihkan

Rafale juga didesain untuk terbang dengan landasan pacu yang pendek, cocok untuk wilayah kepulauan seperti Indonesia yang di beberapa pulau landasan pacunya pendek. Bisa parkir di mana saja.

6 Komentar

  1. Kelak saat jumlahnya genap 48 biji kawasan dah dibanjiri pespur generasi 5. Su 57 India, F 35 s’pore- astrali, J 20 cina. Mending jalan dgn rencana awal 32 viper+ 11 SU 35 yg lebih murah sambil memantau kemungkinan perlu enggaknya ikutan ambil spek yg sama disamping selisih anggarannya dipake buat memodernisasi radar dan rudal hanud.

  2. lah kan udah ada F16 Viper terus nanti akan ada IFX.ngapain pake beli Rafale lagi sih?masih sama-sama pespur berbobot middle bukan? udah gitu Perancis ga mau ToT besar-besaran lagi. kenapa ga ambil SU 35 aja?kita belum punya pespur berbobot beratnya yg gen 4.5.

1 Trackback / Pingback

  1. Daftar Battle Proven Si Pesawat Rafale Incaran Prabowo – BID TIK POLDA RIAU

Tinggalkan Balasan