Daftar Negara Yang Tidak Punya Ikatan Diplomatik Dengan Israel

Kasus ditolaknya Vlogger Nuseir Yassin atau Nas Daily asal Israel oleh Indonesia jadi sorotan dunia. Nas Daily sendiri menduga, dirinya ditolak masuk karena berpaspor Israel yang memang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Nas sendiri diketahui ditolak masuk Indonesia saat mengajukan Visa ke kedutaan Indonesia di Singapura. Ya sebenarnya hal yang wajar sih, wong Indonesia-Israel gak punya hubungan diplomatik, pastinya akan sangat susah bagi warga kedua negara untuk mendapat visa masuk. Tetap bisa mendapat visa tapi dengan persyaratan yang berat dan banyak.

Indonesia diketahui tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel. Selain Indonesia, ada beberapa negara yang juga tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel yaitu Malaysia, Iran, Arab Saudi, Brunei Darussalam, Bolivia, Venezuela, dan Palestina.


Dirangkum dari beberapa sumber, Iran sangat menentang Israel sejak revolusi Islam pada 1979. Penyebab putusnya hubungan diplomatik itu karena Iran mendukung perjuangan Palestina.

Sama dengan Iran, Malaysia juga tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel karena pendudukan wilayah Palestina. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, juga menentang keputusan Amerika Serikat yang membuka ke dubes di Yerusalem.

Selain itu, Arab Saudi yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel karena resolusi PBB mengenai pengakuan Israel dan pembagian wilayah Palestina.


Sementara itu, Venezuela memutuskan hubungan dengan Israel setelah serangan militer ke Gaza, Palestina. Sedangkan Bolivia menyebutkan Israel sebagai negara teroris karena menyerang negara Palestina.

Baca Juga:  Roll Out Perdana P-8A Poseidon Milik AU Australia

Berikut negara-negara yang tak punya hubungan diplomatik dengan Israel:

Malaysia
Iran
Arab Saudi
Brunei Darussalam
Venezuela
Bolivia
Palestina

Sumber: detik.com

1 Komentar

Tinggalkan Balasan