Daftar Rencana Strategis TNI AU 2020 – 2024

Dalam Rencana Strategis (Renstra) IV TNI AU periode 2020-2024. TNI AU akan membentuk empat pangkalan TNI AU (Landasan Udara) Tipe C di Batam, Selaru, Wamena dan Sorong.

TNI AU juga akan membangun enam Satuan Radar (Satrad), dua Resimen Hanud (Reshanud), dan lima Detasemen Hanud (Denhanud). Ada pula pembentukan Detasemen/Satuan Peluru Kendali (Denrudal/Satrudal) Jarak Sedang dan Jarak Jauh.

Kemudian pembentukan Depo Pemeliharaan (Depohar) 80 dengan tiga Satuan Pemeliharaannya (Sathar 81, Sathar 82, Sathar 83) untuk pemeliharaan tingkat berat pesawat tempur.

Lalu pembentukan Depohar 90 dengan tiga Satharnya yaitu Sathar 91, Sathar 92, dan Sathar 93 untuk pemeliharaan tingkat berat helikopter.


Ada juga pembentukan Sathar baru sebagai pelengkap dari Sathar yang sudah ada. Yaitu Sathar 24 (Depohar 20), Sathar 34 (Depohar 30), Sathar 43 (Depohar 40), Sathar 54 (Depohar 50), Sathar 55 (Depohar 50), dan Sathar 65 (Dephar 60).

Selanjutnya, di dua Lanud Tipe A, masing-masing di Lanud Supadio, Pontianak dan Lanud Suryadarma, Subang TNI AU juga akan membentuk Skadron Teknik baru.


Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna memaparkan hal itu saat memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa dan dosen Pascasarjana (S2) Universitas Pertahanan (Unhan) di Sentul, Bogor, Senin (28/5/2018).

Baca Juga:  Rencana Pensiun Dini Pangkostrad Ditunda Panglima TNI

1 Komentar

  1. enggk usah muluk2 dulu radar banyakin trus interkoneksi antara matra dilancarin supaya koordinasi bisa terbangun (peswat2 AURI bisa komunikasi dengan kapal2 ALRI), baterei2 NASAMS sudah disebar dititik2 strategis utk pengamanan ibu kota dan obvit,SKYSHIELD ditambahin juga,armada HERKI baru (tipe J) untuk ngedukung HERKI yg udah lawas dalam rangka pergerakan logistik dan pasukan,pemekaran PASKHAS+ alutsista

Tinggalkan Balasan