Dapat Tawaran F-16 Viper Dari AS, Vietnam Dapat Peringatan Dari Rusia

Diberitakan oleh Bao Dat Viet (11/10/2019) dalam pameran Pertahanan Nasional DSE 2019 raksasa pertahanan Amerika Serikat Lockheed Martin secara resmi menawarkan pesawat tempur F 16 Block 70/72 atau yang lebih dikenal dengan nama Viper kepada Vietnam.

Lockheed Martin memproyeksikan jet tempur gacoannya ini untuk menggantikan pesawat tempur lawas era perang dingin yaitu Mig 21, pucuk dicinta ulam tiba nampaknya Vietnam memang mencari pesawat kelas ringan/medium untuk menggantikan Mig 21 yang mana Rusia sendiri tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut dan kandidat potensial untuk Mig 21 adalah JAS 39 Gripen dan F 16 Viper.

Melihat Vietnam tertarik dengan rayuan AS, Sahabat Sejatinya yaitu Rusia langsung mengirimkan peringatan keras. Melalui Medianya Rusia memperingatkan agar Vietnam perlu berhati-hati untuk membeli pesawat tempur dari AS karena Vietnam tidak terbiasa mengoperasikan pesawat tempur AS/Barat.

Selain itu, senjata Amerika selalu dijual dengan syarat dan batasan ketat, tidak “lapang” seperti Rusia. Belum lagi Moskow juga menerima kebijakan pembayaran yang ditangguhkan dan barter yang fleksibel. Terakhir Vietnam juga harus berinvestasi baik secara infrastruktur untuk mempersiapkan alutsista AS yang berbeda perlakuan dengan Alutsista Rusia.

Gimana Vietnam, masih nekad mau beli F-16? tapi ingat lho ya belum ada pesawat tempur kelas menengah yang kemampuan, durabilitas dan biaya perawatan seefisien F-16 di Dunia. Klo patroli terus-terusan pakai Su-30 atau Su-27 ya bisa jeboll anggaran militer.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan