Dari Atas Kapal Induk, Bos Pentagon Sebut Amerika Yang Terkuat di Asia Pasifik

​Di Kapal Induk USS Carl Vinson (CVN 70), Bos Pentagon Klaim AS Terkuat di Asia Pasifi

Dalam pidatonya di atas kapal induk Amerika Serikat (AS) USS Carl Vinson (CVN 70) di San Diego, Kepala Pentagon, Ashton Carter mengklaim bahwa militer AS adalah yang terkuat di Asia Pasifik.

Karenanya, AS bertekad untuk mempertahankan dan bahkan ferus mempertajam keunggulan ini di Asia Pasifik.  Hal itu diyakinkan Carter dengan berbagai langkah investasi Pentagon pada proyek-proyek alustsista baru seperti, drone bawah laut dan kapal selam torpedo.

”Amerika Serikat akan terus mempertajam jurang perbedaan dan keunggulan militer kami sehingga kami tetap militer menjadi yang paling kuat di (Asia Pasifik) dan menjadi jaminan keamanan bagi mitra kami,” kata Carter dalam pidato yang dikutip Military Times, Jumat (30/9/2016).

AS juga memodernisasi kapal tanker Angkatan Udara KC-46A, pesawat pengebom B-21 Raider dan sebentar lagi  pesawat jet tempur siluman F-35 akan memperkuat Jepang. 

Carter menambahkan, akan ada ”beberapa kejutan” dalam perkembangan teknologi baru militer AS. Namun, Menteri Pertahanan AS ini masih merahasiakannya.

“Saya tidak bisa berbagi semua rincian ini untuk alasan yang jelas, tapi apa yang teman-teman dan musuh potensial kita dan Anda semua harus tahu adalah bahwa kemampuan baru ini akan membantu kita menjaga komitmen yang berusia puluhan tahun untuk menjamin keamanan Asia-Pasifik,” kata Carter.

Dalam pidatonya, Carter juga menyinggung Korea Utara dengan senjata nuklirnya yang mengkhawatirkan. Dia juga menyentil China yang terkadang berperilaku agresif terkait klaim atas kawasan Laut China Selatan.

”Amerika Serikat masih memiliki keprihatinan serius dengan beberapa tindakan China baru-baru ini di laut, di dunia maya, dan di tempat lain. Beijing kadang-kadang tampaknya ingin memilih dan memilih prinsip-prinsip untuk mendapatkan keuntungan dari itu, dan lebih memilih untuk mencoba untuk melemahkan,” imbuh Carter.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan