Data Kapal Selam Rahasia Milik India Bocor, Indonesia Diuntungkan

Setiap negara dengan garis pantai yang panjang selalu memiliki divisi kapal selam rahasia. Disebut Rahasia karena memang selain jumlahnya yang dirahasiakan, spesifikasi kemampuanya juga dirahasiakan. Baik oleh negara penggunanya ataupun negara yang memproduksinya.

Jika sampai bocor, jelas sebuah kerugian. Ini yang bikin Departemen Pertahanan India marah, karena data kapal selam rahasia “Scorpene” miliknya dibocorkan secara gamblang oleh media asal Australia, The Australian.

Sebanyak 22.000halaman dari seluruh rencana desain dan manual operasi telah keluar dan dipegang pihak-pihak tak bertanggungjawab mulai tahun 2011. Sumber dari kebocoran tersebut ditengarai berasal dari pejabat galangan kapal DCNS selaku pembuat kapal selam Scorpene.

Sangking detilnya, informasi tersebut juga mengenai detail kemampuan dari enam unit kapal selam Scorpene yang dimiliki AL India. Bahkan sampai frekuensi khusus yang digunakan untuk berkomunikasi antar kapal selam, tingkat kebisingan yang dihasilkan pada tiap tingkat kecepatan Scorpene di berbagai kedalaman laut juga tercantum jelas.

Scorpene AL India dibangun secara khusus dengan memasukkan sebanyak mungkin sistem buatan India, selain untuk memenuhi kebutuhan transfer teknologi, tetapi juga menjaga agar tingkat kerahasiaannya tinggi. Sebanyak enam kapal selam dipesan AL India melalui Project 75 dalam kontrak senilai 3,5 miliar dolar AS yang pembangunannya dilakukan di galangan kapal Mazagon di Mumbai. Baru satu kapal selam yaitu INS Kalvari yang selesai dibangun dan tengah menunggu uji coba.

Baca Juga:  Pesawat Militer Rusia Terbang Rendah di Atas Kapal Perang AS

Menteri pertahanan India yang baru Manohar Parrikar segera memerintahkan Kepala Staf AL India Laksamana Sunil Laba untuk menggelar penyelidikan intensif.

Bagi TNI, kebocoran Kapal Selam kelas Sorpene ini jelas menguntungkan. Karena Malaysia juga menggunakan Kapal Selam ini dengan teknologi yang lebih “sederhana” dibanding milik India.  Walhasil sudah pasti sebagian besar datanya dapat digunakan untuk menganalisa dan menemukan kelemahan Scorpene milik tetangga.

Kapal selam milik TNI? semoga tetap menjadi misteri.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan