David Sling, Sistem Pertahanan Udara Terbaru Israel

Israel menambah sistem pertahanan anti udaranya. Setelah memiliki sistem pertahanan rudal jarak jauh Arrow dan sistem pencegat rudal jarak pendek Iron Dome, kali ini mereka memiliki “David Sling” untuk mencegat rudal jarak menengah.

“David Sling” telah diresmika beroperasi di Pangkalan Udara Hatzor, Israel. Sistem arhanud ini dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Israel, Rafael (Rafael Advance Defense Systems Limited) dengan raksasa pertahanan asal Amerika Serikat, Raytheon. Dengan tujuan meningkatkan perlindungan seluruh wilayah nasional Israel dari ancaman berbagai rudal.

Israel sendiri memberi contoh kasus ancaman Hizbullah. Pada tahun 2009, faksi pejuang Syiah ini telah menghujani Israel dengan roket.


Angkatan Pertahanan Israel / Israel Defence Force (IDF) yakin bahwa saat ini gerilyawan Hizbullah memiliki setidaknya antara 100.000 – 120.000 roket jarak pendek dan jarak menengah. Selain itu mereka diduga memiliki ratusan rudal jarak menengah dan jarak jauh yang mampu mencapai Tel Aviv, Ibukota Israel.


Komando Pertahanan Udara Israel, Brigjen Tzvika Haimovitch juga mengingatkan ancaman roket Hamas yang makin canggih. Haimovitch memperingatkan bahwa David Sling tidak akan mampu melindungi Israel terhadap serangan proyektil varietas baru dan bahkan sistem pencegat rudal jarak pendek Iron Dome juga akan mengalami kesulitan untuk menghadang roket-roket ini.

Baca Juga:  Pilot Melukis Alat Kelamin Di Udara, US NAVY Minta Maaf

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan