Deal, Filipina akan Beli Rudal Brahmos India Tahun Depan

India dan Filipina akan menandatangani kesepakatan rudal jelajah BrahMos selama pertemuan puncak yang direncanakan antara Perdana Menteri Narendra Modi dan Presiden Rodrigo Duterte tahun depan, menjadikan negara Asia Tenggara itu pelanggan pertama diluar India.

Sebuah tim dari BrahMos Aerospace yang berbasis di New Delhi, diperkirakan akan mengunjungi Manila pada bulan Desember 2020 untuk menyelesaikan beberapa masalah yang tersisa soal kesepakatan untuk memasok rudal ke Land Based pertama Philipline Army.

Sebelumnya, Filipina sebenarnya sudah menyatakan minatnya terhadap rudal BrahMos sejak tahun 2019 dan akan menandatangani kesepakatan pembelian pada tahun ini, namun karena Covid-19 kemudian rencana ini diundur hingga 2021 mendatang.

Philippine Army sendiri telah melihat uji coba ekstensif rudal BrahMos dan banyak negosiasi berkisar pada biaya sistem dan pembiayaan untuk kesepakatan tersebut, mereka berharap sistem BrahMos akan diperoleh dan siap beroprasi pada tahun 2024.

BrahMos merupakan rudal cruise missile berkecepatan 3 Mach atau 3.700kmh, dengan jangkauan oprasional hingga 500km (Export Version), memiliki tingkat akurasi yang sangat akurat yaitu hanya selebar CEP 1 meter saja. Menurut rencana, BrahMos itu akan sepenuhnya mampu melindungi Filipina dari ancaman eksternal seperti Tiongkok pada tahun 2028 mendatang.

Sumber : hindustanitimes.com via IG Mighty War

Baca Juga:  China Pamerkan Drone Pemusnah Bernama Dark Sword

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan