Deal! Indonesia Beli 6 Pesawat Rafale dan 2 Kapal Selam

Kunjungan Menteri Angkatan bersenjata Prancis dan rombongan petinggi perusahaan asal negara itu berakhir manis di Indonesia. Empat kesepakatan penting ditekan.

Yang pertama diteken adalah kontrak pembelian enam biji pesawat Rafale dari total rencana 42 unit pesawat yang akan dibeli Indonesia untuk TNI AU.

Kesepakatan itu diteken dalam pertemuan antara Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly di kantor pusat Kemhan RI, Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Kesepakatan kedua, adalah pembelian kapal selam kelas Scorpene. Kabar ini dikonfirmasi langsung dalam tweet resmi dari Naval Group Prancis sebagai produsen lapal tersebut.

Sedangkan kesekapatan ketiga dan keempat adalah tentang pengadaan satelit dan produksi amunisi kaliber besar, kemungkinan besar juga termasuk di dalamnya tentang rudal anti kapal berdaya jangkau 250KM.

Kontrak pembelian senjata oleh Indonesia ini sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Prancis, karena sebelumnya beberapa kontrak pembuatan kapal selam dibatalkan oleh Australia dan India.

Baca Juga:  Final Pengadaan Sukhoi Su-35, Indonesia Sukses Dorong Rusia untuk Imbal Beli Hingga 50%

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan