Deal, Inggris dan Qatar Sepakati Kontrak Pembelian 24 Jet Tempur Typhoon

Di tengah embargo ekonomi oleh negara-negara tetangganya sesama Negara Arab, Qatar tak tinggal diam untuk memperkaya gudang senjatanya. Terutama adanya ancaman agresi dari Arab Saudi.
Qatar sudah menandatangani perjanjian senilai £ 6 miliar ($ 8 miliar) untuk pengadaan 24 pesawat tempur Typhoon dengan Inggris.

Menteri Pertahanan Inggris, Gavin Williamson dan timbalannya dari Qatar, Khalid bin Mohammed al Attiyah, turut menyaksikan penandatanganan kontrak tersebut, yang merupakan lanjutan dari statement of intent yang ditandatangani pada bulan Desember tahun ini, kementerian pertahanan Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (10/12).

Selain itu, kesepakatan yang ditandatangani mencakup maksud Qatar untuk melanjutkan pembelian pesawat Hawk, kata pernyataan tersebut.


Kontrak pembelian ini juga mencakup kesepakatan dengan MBDA untuk pembelian rudal Brimstone dan Meteor dan bom kendali laser/GPS Raytheon Paveway IV buatan Inggris untuk jet tersebut. Menteri Pertahanan Inggris juga menyetujui paket pelatihan dan kerja sama antara kedua Angkatan Udara sehingga mereka dapat bekerja sama secara lebih teratur, termasuk untuk pelatihan pilot dan awak darat Qatar di Inggris.
Sumber : defenseworld.net/TSM Angga Saja

Baca Juga:  Turki Siap Kirim Pasukan Tiga Matra Untuk Ditempatkan di Qatar

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan