Deal! Turki Setuju Jual 30 Helikopter ATAK Ke Pakistan Senilai 21 Triliun

Aliansi senjata dua negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Pakistan-Turki akan semakin akrab. Setelah proyek kapal perang korvet dan kapal selam, sekarang keduanya telah setuju untuk akuisisi 30 Helikopter serang ATAK.

Turki sendiri mengincar alih teknologi senjata nuklir dari Pakistan. Negeri yang dipimpin Erdogan itu berambisi jadi negara nuklir di Eropa untuk menyaingin kekuatan militer lain di benua biru.

Penjualan 30 unit helikopter militer ke Pakistan ini diperkirakan nilainya mencapai US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21,57 triliun, seperti dilaporkan sejumlah media di Turki.


Penjualan 30 unit helikopter militer tipe T129 ATAK merupakan penjualan terbesar yang dilakukan Kementerian Pertahanan Turki, seperti dikutip dari Radio Free Europe, Jumat, 13 Juli 2018.

Menurut laporan kantor berita Turki, Anadolu, Jumat, 13 Juli 2018, kesepakatan penjualan 30 unit helikopter militer itu ditandatangani Turkish Aerospace Industries dengan Kementerian Produksi Pertahanan Pakistan.

Dalam perjanjian penjualan helikopter tersebut, termasuk juga penyediaan logistik, suku cadang, pelatihan, amunisi oleh Turki.

Turki menjadi penyuplai perlengkapan militer Pakistan sejak September lalu ketika Amerika Serikat menahan bantuan militernya ke Pakistan senilai mendekati US$ 1 miliar.

Presiden Donald Trump menyebut Islamabad gagal menindak keras Taliban yang menjadikan Pakistan sebagai surga persembunyiannya.


Sumber: tempo.co/TSM

Baca Juga:  Serangan Sukhoi Su-33 Rusia Tewaskan Komandan Al-Nushra di Suriah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan