Delegasi UEA Berkunjung ke Israel Tinjau Pesawat F-35

Pesawat F-35 Israel. Foto: AFP

Rombongona delegasi militer Uni Emirat Arab (UEA) dilaporkan telah mengunjungi Israel secara diam-diam untuk meninjau langsung pesawat tempur F-35 buatan Amerika Serikat. Kabar tersebut diungkapkan oleh media Israel i24News pada Kamis (5 Juli 2018).

UEA tidak memiliki hubungan diplomatik secara resmi dengan Israel, seperti halnya negara-negara Arab lain yang bermusuhan dengan alasan ideologi dan agama. Namun kedua negara memiliki musuh yang sama, yaitu Iran.

Kesamaan musuh ini yang membuat kedua negara tampak akrab dalam diplomasi perang, Israel memerangi Iran di Suriah dan UEA bergabung dengan Arab Saudi di Yaman melawan Iran.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi Amerika Serikat juga tampak ada. Maksud kunjungan itu adalah bagian dari negosiasi UEA untuk membeli pesawat tempur siluman generasi kelima F-35.


Di wilayah Timur Tengah, Israel menjadi pihak pertama yang menerima dan telah mengoperasikan jet tempur generasi kelima Amerika tersebut.


Pemerintah maupun militer UEA belum berkomentar atas bocoran laporan kunjungan delegasi itu. Negara-negara Arab selama ini cenderung bungkam ketika delegasi mereka ketahuan berkunjung Israel karena menjaga perasaan Palestina. Namun, para pejabat tinggi Tel Aviv, termasuk PM Netanyahu dan para menterinya kerap blakblakan soal hubungan rahasia Israel dengan negara-negara Arab yang anti Iran.

Baca Juga:  Pamer Rudal, Korea Utara Ancam Hancurkan Amerika Serikat

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan