Demi Emosi, Pesawat Skuadron Agressor Harus Dibikin Sama Seperti Musuh

Aggressor squadron atau skuadron udara, yang berperan sebagai musuh dalam latihan-latihan perang suatu negara.

Aggressor squadron menerapkan taktik, teknik, serta prosedur yang sama dengan lawan untuk memberikan simulasi pertempuran yang realistik.

Pesawat yang mereka gunakan memiliki karakteristik serupa dengan pesawat lawan, dan bahkan memakai paint scheme yang persis dengan lawan. Aggressor squadron dari US terkenal menggunakan paint scheme pesawat-pesawat Soviet/Rusia.

Apakah alasan dibalik detilnya pesawat-pesawat aggressor meniru lawan, sampai memakai paint scheme yang sama? Brigadier General Robert Novotny dan Captain Ken Spiro dari 64th Aggressor Squadron USAF membahas hal ini dalam dua wawancara terpisah.


Pemakaian paint scheme lawan oleh pesawat aggressor squadron tidak semata-mata untuk terlihat keren, melainkan untuk mencegah terjadinya “buck fever”.

Buck fever adalah emosi yang dirasakan oleh seorang pemburu baru ketika ia membidikkan senjatanya pada seekor hewan buruan, biasanya rusa jantan (buck). Buck fever biasanya dicirikan sebagai sebuah rasa gugup berlebihan yang menyebabkan tangan bergetar, kesulitan bernafas, peningkatan detak jantung, dan gejala-gejala lainnya. Hal serupa dapat terjadi pada seorang pilot pesawat tempur ketika pertama kali melihat pesawat lawan dari dekat. Major Francis “Paco” Geisler, misalnya, mengatakan bahwa pertama kali ia melihat sebuah MiG-17, ia berhenti menerbangkan pesawatnya sendiri. Buck fever pada pilot pesawat tempur dapat mengakibatkan pilot melakukan kesalahan dan memperlambat waktu reaksi.

Baca Juga:  Pesawat Tanpa Awak Iran Mirip Sentinel RQ-170 Milik Amerika

Untuk mencegah terjadinya buck fever, representasi ancaman harus dilakukan secara akurat. Pilot harus dibiasakan melihat lawan dalam latihan, sehingga tidak akan gagap dalam situasi pertempuran. Jika memang aggressor squadron tidak bisa menggunakan MiG/Sukhoi untuk semua penerbangnya, minimal pesawat yang mereka gunakan memakai paint scheme yang sama dengan lawan. Jika representasi ancaman dilakukan dengan baik, lebih besar kemungkinan bagi pilot-pilot untuk tiba di arena pertempuran, mengidentifikasi ancaman dan menetralisirnya.

Sumber: Hex / Lighting II Chan

http://www.thedrive.com/the-war-zone/26090/nellis-afb-wing-boss-talks-to-us-about-his-novel-aggressor-paint-job-facebook-contest-and-more

http://www.thedrive.com/the-war-zone/25049/usaf-wing-boss-is-crowdsourcing-new-paint-scheme-for-aggressor-f-16

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan