Denhanud 472 Paskhas Melaksanakan Latihan Gelar Senjata Oerlikon Skyshield 35mm

Detasemen Hanud 472 Paskhas melaksanakan Latihan Gelar senjata Oerlicon Skyshield 35mm yang dipimpin oleh Komandan Detasemen Hanud 472 Paskhas Mayor Pas Verial
Tunruribela. Pada 14 Februari 2017

Salah satu tujuan dari latihan ini adalah agar Prajurit Denhanud 472 Paskhas mampu mengoperasikan Alutsista secara profesional sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagaan satuan.

Selain bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam mengoperasikan alutsista, latihan ini juga sekaligus untuk maintenance kondisi meriam, censor unit dan command post sehingga kesiapan alutsista tetap terjaga.


Latihan ini diikuti oleh 50 Prajurit Denhanud 472 Paskhas dan kegiatan gelar senjata Oerlikon Skyshield ini akan dilaksanakan secara rutin 2 minggu sekali.

Oelikon Skyshield adalah sistem pertahanan udara (arhanud) jarak pendek yang dikembangkan oleh perusahaan Swiss Oerlikon Contraves. Arhanud ini termasuk kelas Short Range Air Defense (SHORAD) yang sangat efektif menembak pesawat dan rudal musuh yang berada dalam jarak dekat yang tidak mungkin dihancurkan oleh sistem arhanud jarak menengah atau jauh.

Sistem senjata itu sendiri terdiri dari dua 35 mm (1,38 inci) meriam revolver dengan tingkat tembak dari 1.000 putaran per menit, sistem pengendalian tembakan terdiri dari unit sensor dan pos komando terpisah. Skyshield juga dapat menggunakan hingga dua rudal modul 8-cell permukaan-ke-udara untuk kemampuan pertahanan udara diperluas.


Untuk informasi, pihak TNI AU telah meminta tambahan untuk unit Oerlikon untuk memperkuat pertahanan pangkalan pesawat utama.

Baca Juga:  Tiga Helikopter Baru Perkuat Lanud Atang Sandjaja Bogor

1 Komentar

Tinggalkan Balasan