Depohar 40 Sukses Laksanakan Perbaikan Simulator Rudal QW3

Komandan Depo Pemeliharaan 40 Kolonel Lek Jauhari, S.T., M. I.Pol, melaksanakan penyerahan hasil produksi pemeliharaan tingkat berat peralatan simulator berupa 1 Unit Simulator Rudal QW3 kepada Komandan Pusdiklat Pasgat Kolonel Pas Solihin, S. I. P. bertempat di Gedung Simulator Rudal QW3 Satuan Pendidikan Pertahanan Udara (Satdik Hanud) Pusdiklat Pasgat, Lanud Sulaiman, Bandung (25/7/2022).

Adapun Simulator Rudal QW3 yang diserahkan oleh Komandan Depo Pemeliharaan 40 merupakan Simulator Rudal yang difungsikan sebagai alat penunjang pembelajaran calon petembak rudal QW3 dalam proses belajar pembidikan target pesawat sebelum calon petembak melaksanakan penembakan yang sesungguhnya.

Sebelumnya Simulator Rudal QW3 mengalami kerusakan yang cukup berat sehingga peralatan tersebut diserahkan kepada Depo Pemeliharaan 40 untuk dilaksanakan perbaikan tingkat berat oleh satuan pelaksana yakni Satuan Pemeliharaan 43, dimana Sathar 43 merupakan Sathar yang bertugas melaksanakan perbaikan/pemeliharaan tingkat sedang/berat dan produksi terbatas peralatan simulator TNI Angkatan Udara.

Dengan keberhasilan Satuan Pemeliharaan 43 Depo Pemeliharaan 40 dalam melaksanakan perbaikan/pemeliharaan tingkat berat peralatan Simulator Rudal QW3 menjadi sangat penting karena kendala yang dihadapi cukuplah berat, dimana terbatasnya sumber technical manual dan wiring diagram. Simulator Rudal QW3 mengalami kendala pada Sistem penembakan dan sistem penguncian target. Selain itu keterbatasan baterai yang hanya digunakan dalam waktu yang sangat singkat menjadi kendala lainnya. Dengan keterbatasan tersebut Sathar 43 berhasil membuat inovasi berupa baterai tester yang berfungsi memudahkan dalam melaksanakan perbaikan Simulator Rudal QW3 sehingga teknisi tidak memerlukan baterai secara langsung namun baterai digantikan menggunakan hasil inovasi Sathar 43.

Baca Juga:  Latihan Antar Kecabangan TNI AD, Tingkatkan Akumulasi Kemampuan Tempur Pasukan

Depo Pemeliharaan 40 adalah satuan pelaksana di Bawah Komando Pemeliharaan Materiil Angkatan Udara (Koharmatau). Depohar 40 bertugas menyelenggarakan dan melaksanakan pemeliharaan tingkat berat peralatan komnikasi, alat bantu navigasi, komputer, simulator dan elektronika khusus

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan