Desain Baru Untuk Tank MBT Altay Turki

Perusahaan pembuat Tank asal Turki, BMC mengenalkan desain terbaru untuk tank kelas berat (Main Battle Tank/MBT) Altay. Dalam video resmi yang dirilis oleh BMC, tampak juga desain baru pada kubah turret yang baru, sekitar turret dan atap turret hingga dilengkapi dengan APS.

Pada November 2018, Presidency of Defense Industries (SSB) menandatangani kontrak dengan BMC untuk memulai produksi massal Altay MBT yang akan mencakup total 250 tank. Menurut industri pertahanan Turki, Add on armor baru diproduksi oleh Perusahaan Roketsan Turki sedangkan APS Akkor yang diproduksi oleh perusahaan Turki Aselsan.

Akkor adalah APS (Active Protection System) yang terdiri dari pod peluncur dan sistem deteksi radar yang dipasang di sekitar turret. APS dilengkapi dengan fungsi hard kill dan soft kill sebagai setelan Perlindungan Diri Electronic Warfare (EW), memberikan perlindungan lengkap terhadap semua jenis rudal dan roket anti tank untuk kendaraan lapis baja dengan waktu optimal dan jarak teraman berkisar dari platform. Akkor memberikan cakupan perlindungan penuh 360° terhadap tidak hanya ancaman konvensional tetapi juga asimetris di lingkungan operasional.

Menurut Roketsan, perusahaan tersebut telah merancang dan mengembangkan komposit dan reaktif armor (ERA) untuk dipasang pada Tank Altay memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap ancaman balistik serta ranjau dan IED. 

Sumber : armyrecognition.com

Baca Juga:  Jet Tempur MiG-35 Dibekali Radar Baru Zhuk-Ame

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan