Dibalik Baret Miring Pramuka Sebagai Pasukan Tempur Cadangan

Pernahkah anda memperhatikan topi baret anggota TNI, Polri, dan Pramuka? Topi baret Pramuka mirip dengan pasukan militer aktif siap tempur. Gak hanya desain, bahkan cara memakainya sekalipun.

Jika tidak disandingkan, kita mungkin tak akan mengenali perbedaan ini. Yakni soal arah miring baret. Pramuka dan pasukan tempur TNI punya arah miring topi baret yang sama, miring kanan. 

Ini gak main-main lho bro. Arah miring baret menandakan fungsi tugas pasukan di dunia militer. 


Baret yang miring ke kiri adalah baret yang dikenakan oleh pasukan dengan tugas pelindung keamanan dan penegakkan hukum. Ini dikenakan oleh anggota Polri, Brimob dan anggota TNI yang berdinas sebagai Polisi Militer.
Sedangkan yang baretnya miring ke kanan, itu artinya pasukan yang dipersiapkan untuk bertempur dalam medan perang. Persis dengan baret TNI dan Pramuka bukan?

Baret Pramuka juga miring ke kanan bukan tanpa alasan. Ini terjadi karena dalam sejarahnya kelahirannya, Pramuka adalah organisasi pasukan tempur cadangan. 


Meski tidak langsung berperang, kepanduan (Pramuka era dulu) bertugas untuk memberi bantuan kepada para pejuang perang. Semisal, ketika ada yang terluka atau menggotong para pejuang ke tempat perawatan.

Selamat Hari Pramuka!

Sumber: TSM

Baca Juga:  Prajurit Petarung Lapis Baja Menkav 2 Mar Laksanakan Upacara 17-an

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan