Dijual, F-16 Netz Israel Bisa Diupgrade Sesuai Minat Pembeli

Ini yang disebut barang bekas berkualitas. Israel memutuskan untuk menjual pesawat tempur F16A/B Netz (Falcon dalam bahasa Ibrani). Pesawat-pesawat ini telah dipensiunkan sejak Desember 2016.

Total 40 unit pesawat tempur F-16 A/B yang dinyatakan siap dijual melalui perusahaan Elbit Systems dan Israel Aerospace Industries. Karena tua, Israel menawarkan paket upgrade untuk meningkatkan kemampuan pesawat tempur ini sesuai keinginan pelanggan.

Meskipun produksi Amerika Serikat, namun F-16 A/B ini telah dikuasi penuh teknologi dan reparasinya oleh Israel. Sejak kali pertama memperkuat Angkatan Udara Israel hingga masa pensiunnya, F-16 “Netz” telah mendapatkan tujuh belas modifikasi teknis, yang dirancang sendiri oleh IAF (AU-nya Israel) dan industri militer Israel.

Kebanyakan upgrade pada sistem perangkat lunak dan komputer misi. Modifikasi tersebut memungkinkan F-16 Netz mampu dipersenjatai beragam sistem persenjataan unik. Modifikasi lainnya juga dilakukan ke badan pesawat untuk mengintegrasikan sistem peperangan elektronik buatan Israel.

Pada tahun 1992, semua F-16A / B mendapatkan upgrade penguatan pada struktur sayap dan sistem computer misi digantikan oleh versi Israel yang dikembangkan oleh Elbit. Pada akhir fase ini, semua F-16A / B memiliki sistem yang mampu menyesuaikan persenjataan seperti yang digunakan pada F-16C “Barak”, namun bagaimanapun F-16 A/B masih menggunakan mesin asli F-100.

Nah, bagaimana, apakah Indonesia yang selama ini suka menampung alutsista akan berkenan menampung barang berkualitas ini? ingat saat ini Skuadron 14 sudah nganggur hampir 2 tahun. Jika pembelian Sukhoi Su-35 deal, itupun masih menunggu sampai 3 tahun lagi untuk terima 1 unit pertamanya.

Baca Juga:  Ramses Ohee, Tokoh Pejuang Pepera Tegaskan Papua Sebagai Bagian dari NKRI Sudah Final

Jangan sampai langit NKRI kosong.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan