Dog Fight F-16 TNI AU melawan F-18 Amerika di Atas Langit Manado 

Langit Manado, Sulawesi Utara telah menjadi saksi bagaimana dahsyatnya pertempuran udara jarak dekat (dog fight) antara pesawat-pesawat tempur F-16 Figthing Falcon TNI AU dengan pesawat-pesawat tempur F-18 Hornet Angkatan Udara Amerika Serikat.

Duel udara antar pilot-plot tempur kedua negara ini merupakan bagian dari manuver lapangan latihan TNI AU dengan Amerika Serikat di Cope West 2016.

Direktur Latihan (Dirlat), Kolonel Pnb Irwan Pramudya, menjelaskan, Cope West 2016 merupakan latihan kedua yang digelar TNI AU dengan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS). Latihan bertujuan untuk menguji taktik pertempuran udara antara dua jenis pesawat yang berbeda, yakni jenis F-16 dan F-18.


Pada hari ketiga, Kamis, tanggal 3 November 2016, telah diperagakan dog fight satu lawan satu. Dalam beberapa latihan berikutnya juga akan diperagakan pertempuran udara 4 lawan 4. Hingga hari ketiga, sedikitnya telah terjadi 16 kali dog fight antara pesawat tempur kedua negara.

Lebih lanjut Kolonel Pnb Irwan Pramudya mengatakan, para peserta latihan dari kedua negara begitu bersemangat. Hal ini dikarenakan selain cuaca langit Manado yang begitu cerah, para pilot tempur kedua negara juga berharap dapat saling berbagi pengalaman dan pengetahuan di bidang taktik dan teknik pertempuran udara.


Dalam latihan ini, TNI AU melibatkan 12 penerbang dan 6 pesawat F-16, sedangkan Angkatan Udara AS mengerahkan 6 pesawat F-18 Hornet.

Baca Juga:  Raytheon Anschütz Pasok Teknologi 3D Steering and Submarine Control untuk Kapal Selam Nagapasa Class TNI AL

Kolonel Pnb Irwan Pramudya menambahkan, dalam kurun waktu 20 tahun pesawat F-16 TNI AU sudah banyak melaksanakan operasi seperti menjaga wilayah udara perbatasan. Pesawat F-16 TNI AU saat ini ditempatkan di dua Skaron Udara (Skadud), yakni Skadud 3 di Lanud Iswahjudi Madiun dan Skadud 16 di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. (jitunews)

2 Komentar

Tinggalkan Balasan