Dogfight F-16 Israel vs Su-35 Suriah, F-16 Kabur Pulang

Dikutip dari Avia Pro (15/2/2020) F-16 AU Israel telah gagal dalam misi operasinya setelah dicegat oleh Su-35 milik Rusia di langit Damaskus Suriah.

F-16 milik Israel punya kemampuan mumpuni tidak hanya rudalnya tapi juga punya kemampuan jammer anti radar. Terbukti berkali-kali mampu lolos dari sistem pertahanan udara Suriah mulai dari S-200 sampai S-300.

Menurut saksi mata di Suriah setidaknya dua pesawat tempur Israel berusaha mencoba menipu sistem hanud S 300PMU2 Favorit Suriah, namun sayangnya kedatangan dua jet F-16 Israel berhasil dideteksi oleh Su-35 AU Rusia yang berpangkalan di Khememim lalu memukul memukul mundur sepasang F-16 tersebut.

Pasca insiden ini tidak ada klarifikasi dari kedua belah pihak. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang biasanya bersemangat ketika Angkatan Udaranya menyerang Suriah kali ini mengambil sikap diam. Diwawancarai oleh Radio Haifa Orang nomor satu di Israel itu hanya berkata singkat “Saya tidak mengomentari satu operasi atau lainnya”

Hubungan Israel dan Rusia memang masih menjadi misteri dalam konflik Suriah. Rusia yang pro rezim pemerintahan tidak pernah sekalipun terlibat konflik dengan Israel. Padahal Israel berkali-kali secara agresif menyerang wilayah selatan Suriah di yang dekat dengan garis perbatasan kedua negara.

F-16 Soufa milik AU Israel selama aksinya di langit Suriah berkali-kali melakukan serangan presisi terhadap kedudukan Hezbollah di Suriah dengan menggunakan rudal presisi Delilah. Prestasi fenomenal F-16 Soufa adalah ketika menghancurkan gudang senjata Iran di pangkalan T4 Suriah.

Baca Juga:  PBB Selidiki Kasus Penembakan Prajurit Korut Yang Membelot

Tahun kemarin sistem pertahanan Suriah berhasil menembak jatuh F-16 Israel.