Dokumen Bocor, Terungkap Reformasi Ambisius Militer China Untuk Segera Menjadi Negara Adidaya

Pemerintah Republik Rakyat China, diam-diam telah melakukan reformasi besar-besaran di tubuh militernya. Adanya reformasi jajaran petinggi militer China itu terungkap saat sebuah dokumen internal bocor ke publik. Reformasi itu juga bertujuan untuk memperluas pengaruh dan kekuataan militer China di lepas pantai.

Tujuan utama dari reformasi dan ekspansi itu adalah untuk bisa menyaingin Amerika Serikat dan bahkan mengambil alihh kekuataan adidaya ke negeri itu.

Dilansir dari laman Express.co.uk, Sabtu (7/7/2018), dokumen-dokumen yang bocor itu diterbitkan oleh Komisi Militer Pusat pada Februari lalu, dan bertujuan untuk menyebarkan pemikiran Presiden Xi Jinping tentang penguatan angkatan bersenjata.

Beberapa pengamat militer dunia mengaku khawatir jika reformasi itu terus berlanjut, kekuatan dahsyat China bisa menimbulkan ketegangan yang meningkat dengan negara-negara tetangganya, termasuk Jepang, negara di Laut Cina Timur dan Selatan, serta AS.


Dalam dokumen yang bocor itu tertulis, “saat kami membuka dan memperluas kepentingan nasional kami di luar perbatasan, kami sangat membutuhkan perlindungan komprehensif terhadap keamanan kami sendiri di seluruh dunia,”.

Sementara sebuah laporan menambahkan bahwa ekspansi militer memungkinkan Tiongkok untuk lebih efektif dalam menciptakan situasi, mengelola krisis dan konflik, serta memenangkan perang.


Selain itu juga membela perluasan kepentingan strategis Tiongkok menggunakan cara apapun dan mewujudkan misi yang ditetapkan oleh partai dan Presiden Xi.

Laporan itu juga menjelaskan dari awal bahwa Tentara Pembebasan Rakyat sejalan dengan pemikiran pemimpin ‘inti’ Xi Jinping.

Baca Juga:  Perbandingan Kekuatan Arab Saudi dan Iran

Mereka setuju dan menganut pemikiran yang sama terkait sosialisme untuk mencapai era baru.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan