Donald Trump: Turki Yang Bikin Badan Pesawat F-35

Presiden AS Donald Trump mengungkapkan pada hari Kamis (14/05/2020) bahwa sebagian besar bagian dari jet tempur F-35 diproduksi di Turki, tetapi ia sedang mempertimbangkan untuk memindahkan produksi ke Amerika.

“Kami membuat F-35 – jet terhebat di dunia – namun masalahnya badan utama jet itu dibuat di Turki dan kemudian dikirim ke sini,” kata Trump dalam wawancara dengan Fox Business.

“Masalahnya adalah jika kita memiliki masalah dengan suatu negara, kamu tidak dapat membuat jet. Kami mendapat bagian dari semua tempat. Sangat gila. Kita harus membuat segalanya di Amerika Serikat,” Trump mengaku bahwa jika hubungan AS dengan Turki hancur maka Turki dapat menahan pengiriman bagian-bagian penting dari proses produksi F-35

Meskipun Turki adalah produsen suku cadang dan pembeli utama Lockheed Martin F-35, hubungan antara Turki, AS dan NATO sangat tegang tahun lalu ketika Turki membeli sistem pertahanan S-400 buatan Rusia.

Meskipun ditangguhkan dari program F-35 hampir setahun yang lalu, Turki masih memproduksi dan mengirimkan suku cadang untuk proyek Joint Strike Fighter F-35, kata Direktur Industri Pertahanan Turki İsmail Demir kepada Reuters bulan lalu.

Pada tahun 2019, Amerika Serikat menyatakan bahwa sistem S-400 Rusia tidak kompatibel dengan sistem NATO dan mengancam kemampuan jet Lockheed Martin F-35. Tapi, Turki menolak ini dan tetap bekad beli S-400 dari Rusia.