DongFeng 26 Rudal Balistik Mematikan Milik China

DongFeng-26 atau bisa disingkat DF26 adalah rudal yang sanggup menghancurkan pulau Guam dan satu kapal induk Amrika Serikat. DF26 termasuk rudal balistik jarak menengah atau intermediate-range ballistic missile (IRBM). Jangkauannya mencapai pangkalan militer Amerika Serikat di Guam, Samudra Pasifik.

 Dikembangkan dari DF-21 yang terkenal dengan sebutan Aircraft Carrier Killer atau rudal pembunuh kapal induk. China mengklaim bahwa DF-26 melebihi kemampuan rudal Agni V buatan India. 

Amerika Serikat dan Rusia tidak membuat IRBM, karena terikat dengan perjanjian pembatasan senjata nuklir. DF-26 memiliki jangkauan 2.500 mil atau 4.000 km, sehingga bila ditembakkan dari pantai China mampu mencapai Guam, Australia Utara, dan Alaska. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Guam Killer ini mampu mencapai jarak 5.000 km.


Situs berita militer terkenal, IHS Janes pernah menulis bahwa kemungkinan China juga membangun DF-26 varian anti kapal, sehingga rudal ini dapat menjadi senjata untuk menghadapi armada laut negara musuh terutama kapal induk.

Panjang DF26 mencapai 14 m dengan diameter 1,4 m. IRBM DF-26 dapat membawa hulu ledak konvensional seberat 1.200 – 1.800 kg atau hulu ledak nuklir. Para pengamat menilai bahwa DF-26 memiliki akurasi tinggi karena dipandu satelit dengan tingkat meleset di bawah 100 m, bahkan mungkin kurang dari 10 m.

Yang menakutkan, DF-26 dapat menggendong rudal ” Hypersonic Glider Vehicle” (HGV) WU-14 untuk menghancurkan kapal perang yang bermanuver tinggi. 

Caranya, Senjata hipersonik China, WU-14, diluncurkan ke luar angkasa dengan menumpang DF-26. Setelah pada orbit tertentu, WU-14 kembali meluncur ke muka bumi dengan kecepatan 10 mach atai 12.348 km/jam. WU-14 dapat bernamuner tinggi dan menembus sistem pertahanan udara. Situs popularmechanics.com menyebutkan bahwa China telah tujuh kali melakukan ujicoba senjata hipersoniknya. 

Rudal DF-26 ditembakan dari truk peluncur shingga rudal ini bersifat mobil. Mobilitas tinggi ini membuat Dong Feng 26 dapat ditempatkan di seluruh wilayah negara dengan cepat, penembakan atau peluncuran dapat dilakukan dengan cepat, dan membuat lawan kesulitan untuk menghancurkannya. IRBM DF-26 ditepatkan di atas truk 12 X 12 dengan casis khusus, Taian HTF5680A1. Truk ini dapat beroperasi di segala medan. 

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan