Drama Apalagi Ini, Su-35 Rusia Terlibat Insiden Dengan F-16 Turki

Baca politik internasional itu ruwet masbro, jangan disamain dengan main game pubg, tidak jelas siapa lawan dan kawan. Rusia dan Turki terlihat akrab soal urusan jual beli sistem rudal S-400 dan rencana pengembangan beberapa alutsista. Namun soal konflik di Suriah, dua negara ini punya sudut pandang berbeda yang tajam.

Dua pesawat jet tempur Su-35 Rusia dilaporkan mencegat beberapa pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Turki di atas wilayah udara atau langit Idlib, Suriah. Pesawat-pesawat tempur Ankara buatan Amerika Serikat (AS) itu dipaksa meninggalkan wilayah udara Suriah.

Kejadian itu terjadi 19 Agustus 2019, namun baru diungkap publikasi penerbangan Avia.Pro, Selasa (20/8/2019).

Menurut laporan tersebut, jet-jet tempur Turki terpaksa meninggalkan wilayah udara Idlib setelah menempuh jarak 30 hingga 40 kilometer. Hal itu menunjukkan bahwa pilot Ankara menerima peringatan dari Moskow atau melihat pesawat tempur Rusia berada di layar radar F-16.

Setelah insiden itu, kedua jet tempur Su-35 Rusia terlihat di sekitar kota Khan Shaykhun. Pesawat militer Rusia lepas landas dari Pangkalan Udara Khmeimim untuk mencegah pesawat-pesawat Turki dari aksi petualangan.

“Jet-jet tempur Su-35 mengawal dan menjaga Angkatan Udara Suriah ketika mereka menyerang Khan Shaykhun setelah ancaman dari Turki,” tulis Avia.Pro, yang mengutip saluran Telegram militer.

Laporan itu belum dikonfirmasi baik oleh militer Moskow maupun Ankara. Namun, militer Turki memang mengirim dua konvoi besar ke pinggiran utara Khan Shaykhun setelah pasukan pemberontak yang merupakan sekutu Ankara kehilangan banyak wilayah setelah serbuan Tentara Republik Arab Suriah loyalis Presiden Bashar al-Assad di sekitar kota tersebut.

Baca Juga:  Suriah Temukan Gudang Bom Buatan Israel Milik Pasukan Pemberotak

Sekadar diketahui sistem pertahanan udara Suriah dan Turki telah menjatuhkan satu sama lain pesawat tempur selama konflik Suriah, dengan insiden terbaru pada 2017.

Sumber: sindonews.com

1 Komentar

  1. Masih nyambung kok.. kan Rusia mo nawarin SU-35 dan SU-57E pengganti F35 Turki yang ditahan US, Rusia cuma mau unjuk kebolehan perkasanya Sukhoi dibanding jet US, kayaknya ini ada main mata antara turki sama Rusia.

Tinggalkan Balasan