Drone Elang Hitam Bisa Patroli Di Laut Natuna Tahun Depan

Pesawat tanpa awak drone PUNA MALE Elang Hitam diharapkan akan siap untuk beroperasi dalam patroli di Laut Natuna, Kepulauan Riau, pada tahun 2021.

Rencana tersebut disampaikan oleh Kepala BPPT Hammam Riza dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR pada Senin, 3 Februari 2020.

Elang Hitam adalah proyek kerjasama gotpng royong antara BPPT, PT Dirgantara Indonesia, PT LEN Industri, Lapan, Institut Teknologi Bandung, TNI Angkatan Udara, serta Kementerian Pertahanan. Sosok drone Elang Hitam itu pertama kali dikeluarkan dari hanggar di kompleks PT Dirgantara Indonesia di Bandung, 30 Desember 2019.

Drone itu dikembangkan sejak 2015 menjadi pesawat udara nirawak jenis medium altitude long endurance (PUNA MALE). Serangkaian uji dan pengembangan dijadwalkan dijalani Elang Hitam mulai tahun ini, dan ditargetkan mengantongi sertifikasi produk militer pada 2023.

“Namun, kalau ada percepatan, kita harapkan bisa tahun depan, sehingga bisa segera beroperasi, guna menjaga kedaulatan wilayah tanah air, seperti di langit Natuna, dan kawasan T3 (terluar, terdepan, tertinggal) lainnya,” tutur Hammam.

Baca Juga:  Pesawat Tempur Hawk TNI AU Gelar Latihan dan Patroli Udara di Langit Kepri

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan