Drone Iran ditembak Jatuh Helikopter Apache Israel

Helikopter Apache AH-64D milik AU Israel dilaporkan The Times of Israel (10/2) telah berhasil mengintersep dan menjatuhkan pesawat terbang tanpa awak (PTTA) atau drone yang diduga milik Iran.

Drone tersebut dipukul jatuh di dekat pemukiman Beit Shean di tepi Laut Galilea sekitar pukul 5 sore waktu setempat. Sisa-sisa drone tersebut diambil militer Israel untuk diperiksa.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Israel (Israel Defense Force/IDF) BrigJend Ronen Manelis mengungkapkan bahwa Iran bertanggung jawab secara langsung atas insiden ini.

“Ini adalah serangan serius Iran atas wilayah kedaulatan Israel. Iran menyeret seluruh wilayah dalam satu petualangan yang tidak jelas akhirnya. Siapa yang bertanggungjawab atas insiden ini harus membayar harganya.”


Iran memang menempatkan militernya di Suriah senagai bentuk dukungan untuk Rezim Bashar al-Assad.


Israel sendiri tak tinggal diam atas insiden ini. Mereka mengirimkan F-16 Heyl Ha’avir untuk membalas serangan drone Iran ke wilayah Suriah untuk menghantam posisi militer Iran.

Sayangnya upaya tersebut gagal. Salah satu F-16 Israel malah jatuh ditembak sistem pertahanan udara bersenjatakan rudal darat ke udara.

Begitu gencarnya sampai rudal itu ada yang mendarat di wilayah Israel, walaupun tidak menyebabkan kerusakan parah kecuali kebakaran sesemakan. Sirine anti serangan udara pun dibunyikan di wilayah Lembah Bekaa sampai ke perbatasan Yordania yang pada 1970an dikenal sebagai sarang rudal anti pesawat Suriah. (timesofisrael/Uc News Aryo)

Baca Juga:  Amerika Kerahkan Ribuan Sipil Bersenjata Hadapi Turki di Afrin

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan