DS Raider PTV, Skuter Listrik 4 Roda Buatan Israel

Sebagai negara yang selalu diancam perang, Israel selalu mengembangkan senjata yang didasari pengalamanya di medan perang. Salah satunya adalah DS Raider PTV, skuter listrik 4 roda yang ditujukan untuk kendaraan taktis militer di medan perang.

Kendaraan mungil buatan Mistral Israel mpenarik banyak perhatian di pameran pertahanan Eurosatory 2018 di Paris, Perancis.

Skuter ini ditenagai batereim listrik torsi tinggi berdaya 2×1200 W, dengan daya baterai 60 V, 3000 w/h.


Skuter ini diklaim sudah dilengkapi penggerak yang All Wheel Drive (4×4) sehingga bisa menaklukan semua medan jalan.

Kecepatan lajunya bisa mencapai maksimum 50 km/jam dan daya batereinya bisa mencapai sejauh 75 km sekali ces.

Untuk mendukung mobilitasnya dan daya angkutnya, skuter ini juga bisa dipasangin kereta gandeng. Uniknya kereta gandengnya ini juga punya sumber tenaga sendiri, jadi tidak pasif saja.

Bak kereta gandeng ini bisa digunakan mulai dari mengangkut loogistik sampai evakuasi prajurit yang terluka.

Untuk skuternya, Dimensinya terbilang kompak, panjang 170 cm, lebar 74 cm, tinggi 135 cm, dan 75 cm dalam posisi setang terlipat. Beratnya 125 kg, mampu membawa beban seberat 170 kg.

Kereta gandengnya berdimensi panjang 167 cm, lebar 74 cm, tinggi 60 cm, berat mencapai 67 kg, dan mampu angkut beban sampai hingga 150 kg.


Raider diproyeksikan untuk kendaraan dalam konflik ringan terbatas atau sebagai wahana patroli keamanan militer/sipil, tim medis, tim rescue (penyelamatan) juga untuk awak pemadam kebakaran. Varian sport sipil pun tersedia yang dinamai EZRaider.

Baca Juga:  Amerika Anggap Rudal Hipersonik Avangard Rusia Hanya Guyonan

Kendaraan ini dikembangkan oleh mantan pilot AU Israel Brigjen (Purn) Miki Bar yang pernah menjadi penasehat khusus di Israel Aerospace Industries Ltd. Ia berkolaborasi dengan Erez Abramov pembalap reli terkenal Israel yang juga modifikator mobil sport dan Gadi Binyamini, seorang ahli teknik pengembang robot berpengalaman.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan