Dua Kapal Perang Prancis dan Inggris Kunjungi Jakarta

Kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris, HMS Albion, akhir pekan ini singgah di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, untuk kunjungan selama tiga hari. Pada saat bersamaan, dua kapal militer Prancis pun mengunjungi Indonesia.

Menurut Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, kunjungan kapal angkut amfibi dari negaranya itu bertujuan meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Tentara Nasional Indonesia. Selama kunjungan tersebut, para awak kapal akan melakukan pembicaraan bilateral dengan Angkatan Laut RI, Industri Pertahanan Inggris dan berkunjung ke salah satu panti asuhan.

“Kami memiliki kerja sama pertahanan yang terus berkembang, Indonesia juga mendukung kerja sama keamanan bersama kami untuk meningkatkan kesejahteraan,” kata Dubes Malik melalui keterangan tertulis hari ini.

Menurut dia, kunjungan HMS Albion di Indonesia memberikan kesempatan untuk mendukung mitranya dalam memberikan keamanan maritim di kawasan. Dubes mengatakan seperti Indonesia, Inggris juga memiliki sejarah maritim yang kuat.


Kapal perang Inggris HMS AlbionSementara itu, Komandan HMS Albion, Kapten Tim Neild mengatakan kapal tersebut merupakan kapal perang yang sangat cakap dan diwakili dengan awak yang sangat terlatih dan profesional.


“Kami sangat menantikan untuk mengunjungi Jakarta untuk membantu memperkuat ikatan antara Inggris dan Indonesia,” ujarnya.

HMS Albion akan mengunjungi Jakarta pada saat yang bersamaan dengan dua Kapal Angkatan Laut Prancis. Mereka adalah Kapal Induk Amfibi dan Komando FS LHD Dixmude dan kapal fregat siluman, Surcouf.

Baca Juga:  Batalyon Cakra, Unit Tempur Baru Kostrad Seharga 400Milyar

Menurut keterangan pers Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, kedua kapal tersebut akan berlabuh dalam rangka misi pelatihan tahunan “Jeanne d’Arc”. Kapal tersebut akan singgah di Tanjung Priok, sebelum bertolak ke Bali dan mengikuti latihan multilateral KOMODO 2018 di Lombok. (vivanews)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan