Dua Pilot Apache AD Amerika Jadi Pasangan Gay Yang Resmi Menikah

Dua Pilot Helikopter Apache Angkatan darat Amerika Serikat (AD-AS) resmi jadi pasangan gay pertama yang menikah dalam dinas kemiliteran setelah kaum LGBT disahkan oleh Donald Trump boleh aktif di militer. 
Dilansir oleh New York Times, kedua pilot berpangkat kapten tersebut adalah  Daniel Hall (30) dan Vincent Franchino (26). Keduanya menikah pada 13 Januari 2018  di Kapel Cadet Point Barat dengan upacara kemiliteran. 

Keduany berdinas di Fort Bliss di El Paso, Texas, Amerika Serikat. Menurut penuturan keduanya, mereka sempat  mengalami masa-masa rumit saat militer melarang kaum LGBT berdinas militer.

Foto: New York Times / Nytimes.com
Keduanya bertemu pada Desember 2009. Saat itu, Franchino merupakan mahasiswa baru dan Hall adalah seniornya. Kemudian, keduanya melakukan kencan pertama mereka pada Februari 2012 di Washington DC.

Mereka kencan beberapa bulan setelah kebijakan tentang larangan hubungan sesama jenis di lingkungan militer dicabut pada September 2011. Kebijakan larangan kencan sesama jenis di lingkungan militer tersebut mulai diterapkan pada 1993.


Mereka melarang para tentara yang berorientasi seksual berbeda untuk mengungkapkan orientasi seksual dan membicarakan hubungan sesama jenis mereka.
Adanya aturan ini pun sempat membuat keduanya frustasi. Pasalnya, keduanya memiliki perasaan satu sama lain, tetapi tidak diizinkan untuk bertindak.

“Ini benar-benar membuat frustasi ketika dua orang memiliki perasaan satu sama lain tetapi tidak diizinkan mengungkapkannya,” kata Hall.

Baca Juga:  Jet Tempur F-16 AU Taiwan Hilang Saat Latihan Militer

Upacara pernikahan mereka juga dilakukan ala militer dengan lengkungan pedang dan beberapa tamu undangan.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan